DIDAKTIKA

Pimpinan dan Jajaran Staf LLDIKTI III Gelar Penandatanganan Pakta Integritas

Menyongsong tahun 2020, LLDIKTI Wilayah III Jakarta melaksanakan penandatanganan Pakta Integritas yang terdiri dari 7 poin sebagai wujud menyongsong semangat tahun 2020. Acara ini dilaksanakan di Aula KH. Dewantara, Kantor LLDIKTI III di SMA 14 Cawang. (dok: Istimewa)

Jakarta Review, Jakarta – Menyongsong tahun 2020, LLDIKTI Wilayah III Jakarta melaksanakan penandatanganan Pakta Integritas sebagai wujud menyongsong semangat tahun 2020. Acara ini dimulai pukul 08.30 di Aula KH. Dewantara, Kantor LLDIKTI III di SMA 14 Cawang.

Dalam acara tersebut, Pimpinan dan jajaran staff berkomitmen untuk dapat menjalankan tugas antara lain:

Pertama, berperan secara proaktif dalam upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi, kolusi, dan nepotisme serta tidak melibatkan diri dalam perbuatan tercela. Kedua, tidak meminta, memberi, atau menerima pemberian secara langsung ataupun tidak langsung, berupa suap, hadiah, bantuan, atau bentuk lainnya yang tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Ketiga, bersikap transparan, jujur, objektif, dan akuntabel dalam melaksanakan tugas.

Selanjutnya yang keempat, menghindari pertengkaran kepentingan (conflict of interest) dalam melaksanakan tugas. Kelima, memberi contoh dalam kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan dalam melaksanakan tugas, terutama kepada karyawan yang berada di bawah pengawasan saya dan sesama pegawai di lingkungan kerja saya secara konsisten. Keenam, akan menyampaikan informasi penyimpangan integritas di LLDIKTI Wilayah III Jakarta serta turut menjaga kerahasiaan saksi atas pelanggaran peraturan yang dilaporkannya. Ketujuh, bila melanggar hal-hal tersebut di atas, pegawai siap menghadapi konsekuensinya.

Acara ini juga diisi dengan arahan dari Sekretaris/Plt. kepala LLDIKTI III, Dr. M. Samsuri mengenai apresiasi kinerja di tahun 2019 untuk seluruh Bagian (Umum, Kelembagaan dan Sistem Informasi, Akademik dan Kemahasiswaan, serta Sumber Daya Perguruan Tinggi).

Selain itu, disampaikan pula hal-hal yang perlu dilakukan pada tahun 2020 yang ditutup dengan pemberian apresiasi untuk ASN berprestasi di lingkungan LLDIKTI Wilayah III Jakarta.

Samsuri menuturkan pada tahun 2019 LLDIKTI Wilayah III Jakarta memiliki 71 tenaga administrasi, sarana dan prasarana lengkap didukung dengan Unit Layanan Terpadu yang berbasis elektronik, yaitu Sistem Informasi Layanan Terpadu (SIL@T) yang terintegrasi yaitu E-Office yang dapat mengakses persuratan secara internal dan eksternal.

Selain itu kami juga memiliki Sistem Informasi dan Dokumentasi Kelembagaan (SIDIK), Pemetaan dan Lumbung Data Perguruan Tinggi yang dinamakan Early Warning System (EWS), Sistem Jenjang Jabatan Akademik LLDIKTI Wilayah III (Sijali3), dan Sistem Informasi Bagian Umum dan keuangan (SIBUK).

“Dengan sistem yang terintegrasi ini, Program Studi di LLDIKTI Wilayah III saat ini berjumlah 1.831 dan jumlah Perguruan Tinggi yang terakreditasi A dan B mencapai 64%,” ujar M. Samsuri.

Sekedar informasi hingga tahun 2019 ini, jumlah Guru Besar di Lingkungan LLDIKTI Wilayah III telah mencapai 233. Begitu juga jumlah angka sertifikasi Dosen yang pertumbuhan rata-rata nya naik 11% setiap tahunnya.

Pemberian beasiswa BIDIKMISI per tahun 2019 juga mengalami kenaikan yang signifikan, yaitu mencapai 978 (di tahun sebelumnya 593). Begitu juga prestasi Perguruan Tinggi di Lingkungan LLDIKTI Wilayah III patut diapresiasi.

Sebanyak 29 Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta mendapatkan penghargaan Klaster Mandiri dan Utama pada Pemeringkatan Berbasis Kinerja Penelitian di Tahun 2019 oleh Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

“Puji dan syukur, kerja keras selama tahun 2019 ini ditutup dengan jalinan kerjasama di bidang Tridharma Perguruan Tinggi bersama Pemprov DKI Jakarta dan penghargaan Penguatan LLDIKTI yang diberikan oleh Direktorat Jendral Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Alhamdulilah LLDIKTI Wilayah III menjadi salah satu LLDIKTI yang secara positif meningkatkan mutu perguruan tinggi dan program studi nya.” Tandas M. Samsuri.

Samsuri menambahkan pencapaian selama 2019 di adalah buah dari transformasi dan sinergi yang dilakukan oleh LLDIKTI Wilayah III baik secara internal maupun eksternal.

Sekali lagi, kami sangat bersyukur dan menyongsong tahun 2020 ini masih banyak PR yang harus dikerjakan.

“Insya Allah, kita akan terus semangat dalam melayani, berinovasi, dan berkolaborasi untuk menggapai prestasi. Terimakasih sekali lagi, untuk seluruh pihak yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu dan semoga LLDIKTI III terus menjadi pelopor untuk Peningkatan Kualitas Layanan dan fasilitasi mutu Perguruan Tinggi, oleh karena itu jadilah katalisator bukan inhibitor dalam melakukan terobosan dan inovasi,” tutup M. Samsuri. (win)

Tags
Close