DIDAKTIKA

Rektor Terbaik PTS Nasional 2019 Kembali Dilantik Jadi Rektor Untar

Prof Dr Ir Agustinus Purna Irawan (kiri) resmi dilantik sebagai Rektor Universitas Tarumanagara (Untar) periode 2020-2024. Agustinus dilantik secara lansung oleh Ketua Pembina Yayasan Tarumanagara Budiarsa Sastrawinata, Senin. (31/8/2020). (dok: Istimewa)

Jakarta Review, Jakarta – Yayasan Tarumanagara melantik Prof. Dr. Ir Agustinus Purna Irawan sebagai Rektor Universitas Tarumanagara (Untar) untuk periode kedua masa bakti (2020-2024), Senin 31 Agustus 2020.

Sekretaris Pengurus Yayasan Tarumanagara, Ariawan Gunadi mengatakan Agustinus ditunjuk untuk kedua kalinya karena pertimbangan kondisi pandemi covid-19 dan prestasi yang telah dicapainya selama periode kepemimpinan sebelumnya.

Tata cara pemilihan rektor kali ini lanjut Ariawan agak berbeda dengan periode-periode sebelumnya. Sebelumnya,  Untar membuka pencalonan seluas-luasnya untuk menjadi rektor.

“Kalau tidak ada masa pandemi kita membuka pencalonan seluas-luasnya untuk jadi rektor.  Tapi yayasan memiliki kewenangan menetapkan calon rektor dan kami mempertimbangkan pandemi dan memandang Pak Agustinus memiliki prestasi luar biasa,”ujar Ariawan usai Pelantikan Rektor Untar Periode 2020-2024 yang digelar secara daring, Senin, 31 Agustus 2020.

Adapun prestasi yang dicapai Agustinus pada saat menjabat di periode pertama, antara lain berhasil menaikkan peringkat Untar ke posisi ke-31 sebagai Perguruan Tinggi terbaik Nasional. Selain itu juga peringkat ke-7 sebagai Perguruan Tinggi Swasta Terbaik Nasional yang diumumkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada 17 Agustus 2020 lalu.

Dalam sambutannya, Guru Besar Teknik Mesin Untar ini mengatakan, akan memberi prioritas pada peningkatan peran Untar di kancah nasional hingga internasional.

“Kami mau Untar jadi universitas unggul di Asia, kami sudah punya indikator pencapaiannya.  Target lima besar PTS terbaik nasional, 20 besar perguruan tinggi terbaik nasional, peringkat 400-500 atau lebih kecil lagi dari itu di Asia,” jelas  Agustinus.

Tak hanya itu, Agustinus juga menargetkan peningkatan kolaborasi dengan Pemerintah Daerah dalam penyelenggaran beasiswa Pendidikan Tinggi, pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui pembinaan UKM/UMKM.  Selain itu pengembangan potensi daerah melalui kerja sama yang saling menguntungkan.

Dengan Program Kampus Merdeka yang sudah dijalankan di Untar, Agustinus juga akan mendorong sivitas akademika agar dapat menghasilkan karya-karya akademis yang dapat langsung membawa manfaat bagi masyarakat luas. Sekaligus menjalankan kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada awal tahun 2020. Untar juga akan berfokus pada program internasionalisasi.  Di antaranya dengan membangun kolaborasi, pertukaran dosen dan mahasiswa, double degree, kelas internasional, dan memperbanyak jumlah mahasiswa asing.

Dikatakan Agustinus, Ia juga ingin membangun inovasi dan hilirisasi riset, inkubator bisnis di 2020-2024.  Tidak hanya statis, tapi menyentuh masyarakat banyak,” ungkapnya.

“Untar memiliki potensi besar untuk dapat menjadi salah satu perguruan tinggi terbaik di Tanah Air, dengan pendidikan mengacu internasional dengan tetap mengembangkan potensi dan kearifan lokal serta karakter budi luhur berlandaskan Pancasila,” cetus Rektor Terbaik Perguruan Tinggi Swasta Nasional tahun 2019 ini.

Ketua Pengurus Yayasan Tarumanagara Gunardi menyampaikan, harapan bagi Rektor dan Wakil Rektor terpilih untuk membawa Untar semakin jaya dan maju.

”Yayasan Tarumanagara berharap kepada Rektor dan Wakil Rektor terpilih agar mampu membawa terobosan dan perubahan bagi Untar, terutama dalam menghadapi dan mengimplementasikan kebijakan Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar dalam keseharian Untar.  Serta membawa Untar menuju internasionalisasi,” terangnya. (win)

Tags

Artikel Terkait

Close