DIDAKTIKA

Sosialisasi Pesparawi Mahasiswa Nasional 2020, Untar Jadi Tuan Rumah

 Untar resmi ditetapkan menjadi tuan rumah Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) Mahasiswa Nasional XVI tahun 2020. (dok: Istimewa)

Jakarta Review, Jakarta – Rektor Universitas Tarumanagara (Untar) Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan menyampaikan sambutan dalam Sosialisasi Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) Mahasiswa Nasional XVI yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Ditjen Dikti Kemendikbud) RI, Kamis (2/7).

Sosialisasi ini merupakan tahap pertama rangkaian acara Pesparawi Mahasiswa Nasional XVI yang akan dilaksanakan secara daring. Dalam acara sosialisasi nasional tersebut, Untar resmi ditetapkan menjadi tuan rumah acara dua tahunan yang akan diselenggarakan 2-7 November mendatang.

Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Ditjen Dikti Prof. drh. Aris Junaidi, Ph.D. dalam sambutannya mengatakan bahwa Pesparawi Mahasiswa Nasional XVI diharapkan dapat meningkatkan kualitas bernyanyi.

“Pesparawi Mahasiswa Nasional merupakan ajang kreativitas, sportivitas, dan solidaritas antarmahasiswa dari berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia. Acara ini diharapkan dapat menumbuhkan iman di antara mahasiswa yang terefleksi melalui praktik nyata dalam kehidupan sehari-hari, dalam bentuk saling mengasihi dan menghargai sesama sebagai satu ciptaan-Nya,” ujarnya.

Secara khusus Prof. Aris berpesan pada Untar untuk menyiapkan acara dengan baik.

“Kepada Untar, selamat menyiapkan acara secara optimal, dan jangan lupa untuk memenuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 maupun Pemerintah RI,” tuturnya.

Menurut Rektor Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan, Pesparawi Mahasiswa Nasional dapat menjadi ajang membangun solidaritas dan kolaborasi antarperguruan tinggi.

“Keterlibatan berbagai perguruan tinggi dalam menyiapkan acara ini membangun banyak network dan pertemanan. Melalui kolaborasi, kita bisa menciptakan hal baru yang bisa mendorong kemajuan nusa dan bangsa,” jelasnya.

“Kami ucapkan terima kasih atas kepercayaan pada Untar, mudah-mudahan panitia dapat menyiapkan sebaik mungkin sehingga pelaksanaan lomba dapat berjalan lancar, peserta dapat tampil sebaik-baiknya, dan juri dapat menilai dengan baik juga. Apapun hasilnya, patut diapresiasi sebagai wujud syukur pada Tuhan,” ungkap Agustinus.

Ketua Lembaga Kemahasiswaan Untar Dr. Adianto, M.Sc. berharap Untar didukung dalam pelaksanaan dan persiapan Pesparawi Mahasiswa Nasional XVI. “Kami berharap mendapat dukungan penuh dari Ditjen Dikti dan teman-teman dari seluruh perguruan tinggi demi kelancaran acara ini,” cetusnya.

Ketua Tim Juri Nasional Pesparawi Drs. A.G. Sudibyo, M.Si. memaparkan bahwa pelaksanaan Pesparawi Mahasiswa Nasional tahun ini berbeda dibanding tahun lainnya karena dilaksanakan dalam masa pandemi.

“Meskipun dalam masa pandemi, panitia sudah memutuskan Pesparawi Mahasiswa Nasional XVI tetap diadakan, tetapi berbentuk daring, berbentuk virtual choir competition. Kategori yang sebelumnya ada dua menjadi satu saja, yakni Musica Sacra. Kategori Gospel tidak ikut dilombakan,” jelas dosen Universitas Indonesia tersebut.

Sosialisasi yang disiarkan langsung melalui aplikasi Zoom dan Youtube ini dihadiri lebih dari 240 peserta baik dosen, mahasiswa, maupun akademisi seluruh Indonesia. Sosialisasi  dilanjutkan dengan Pertemuan Teknis (Technical Meeting) yang akan diselenggarakan pada Agustus mendatang. (win)

Tags

Artikel Terkait

Close