DIDAKTIKA

Universitas Bakrie Usung Aksi Gotong-Royong Geopark Bangkit Hadapi Pandemi di Kalangan Generasi Muda 

Universitas Bakrie melalui Pusat Studi Geopark Universitas Bakrie, berkomitmen untuk menjalankan rangkaian kegiatan kampanye GNRM 2021 dengan tema utama Geopark Bangkit Hadapi Pandemi: Gerakan Indonesia Mandiri dalam Pariwisata Berkelanjutan. (dok: Istimewa)

Jakarta Review, Jakarta – Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI bekerjasama dengan Forum Rektor Indonesia mengadakan program Hibah Gerakan Nasional Revolusi Mental melalui Partisipasi Masyarakat untuk tahun 2021 dengan tema Gotongroyong Merajut Negeri Hadapi Pandemi.

Kegiatan ini merupakan upaya mewujudkan perubahan mental dan karakter bangsa Indonesia, menetapkan Inpres Nomor 12 tahun 2016, tentang Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) untuk mengubah cara pandang, cara kerja dan cara berpikir dalam rangka memperbaiki mental atau karakter bangsa Indonesia yang berintegritas, etos kerja dan semangat gotong royong. Dalam proses seleksi, tim dari Kemenko PMK dan FRI telah menerima sebanyak 189 proposal dari 109 perguruan tinggi negeri/swasta.

Setelah melalui proses seleksi yang ketat, sebanyak 55 proposal akhirnya diumumkan lolos sebagai penerima hibah GNRM 2021. Sebagai salah satu perguruan tinggi penerima hibah, Universitas Bakrie melalui Pusat Studi Geopark Universitas Bakrie, berkomitmen untuk menjalankan rangkaian kegiatan kampanye GNRM 2021 dengan tema utama Geopark Bangkit Hadapi Pandemi: Gerakan Indonesia Mandiri dalam Pariwisata Berkelanjutan.

“Indonesia saat ini memiliki 6 buah UNESCO Global Geopark berskala global, dan ini merupakan potensi luar biasa sekaligus tantangan bagi Indonesia untuk menjaga Geopark sebagai pusat pembelajaran geologi, pelestarian alam, dan pariwisata berkelanjutan, terutama di kalangan generasi muda kita “ujar Dr. Eli Jamilah selaku Direktur Pusat Studi Geopark Universitas Bakrie dalam keterangannya pada Sabtu (10/07).

Eli Jamilah menegaskan bahwa aksi gotong-royong Geopark bangkit hadapi pandemi akan dikemas dalam dua bentuk kegiatan. Pertama, pelatihan content creator dan event management untuk para Geopark rangers (pelajar peduli geopark) dan forum pemuda geopark di Batur Geopark, Bali. Kemudian, kegiatan kedua adalah kompetisi nasional kampanye gotong-royong Geopark bangkit hadapi pandemi bagi pelajar SMA/SMK sederajat dan mahasiswa.

“Kami di Universitas Bakrie memang mendesain kegiatan-kegiatan yang menyasar partisipasi generasi muda, dengan harapan untuk mewariskan kesadaran dan komitmen akan pentingnya menjaga keberlangsungan Geopark kepada generasi muda Indonesia” tegas Eli Jamilah.

Secara umum, Universitas Bakrie menilai bahwa kegiatan Gerakan Indonesia Mandiri pada pengembangan Geopark di Indonesia merupakan wujud nyata partisipasi aktif perguruan tinggi dalam mewujudkan karakter masyarakat yang mandiri, inovatif, dan kreatif sesuai dengan semangat Revolusi Mental. Selain itu, kegiatan tersebut turut berkontribusi dalamimplementasi kebijakan nasional pengembangan Taman Bumi (Geopark) yang telah ditetapkan melalui Peraturan Presiden No.9 Tahun 2019 dan berperan aktif dalam mewujudkan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

Related Articles

Back to top button