DIDAKTIKA

Yayasan Tarumanagara Gandeng Dana Cita Bantu Biaya Pendidikan

Ilustrasi mahasiswa sedang mengerjakan tugas di Laptopnya. (dok: Istimewa)

Jakarta Review, Jakarta – Yayasan Tarumanagara secara resmi menjalin kerja sama dengan Dana cita (PT. Inclusive Finance Group) dalam memberikan solusi dalam pembiayaan bagi mahasiswa yang berkuliah di lembaga pendidikan tinggi yang berada di bawah Yayasan Tarumanagara, antara lain, Universitas Tarumanagara (UNTAR), Tarumanagara Xinya College, dan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Tarumanagara.

Kerja sama ini ditandai dengan penandatangan Nota Kesepahaman pada tanggal 17 April 2020 antara Yayasan Tarumanagara, dalam hal ini diwakili oleh Dr. Gunardi Lie, S.H., M.H. sebagai Ketua Pengurus dan Dr. Ariawan Gunadi, S.H., M.H. sebagai Sekretaris Pengurus dengan Alfonsus Wibowo sebagai Direktur PT. Inclusive Finance Group.

Melalui kerja sama ini, pihak Danacita yang merupakan platform dalam penyediaan solusi pembiayaan bagi pelajar, mahasiswa, maupun tenaga profesional secara aktif memberikan solusi pembayaran bertahap baik mahasiswa baru maupun bagi mahasiswa aktif UNTAR, STIKes Tarumanagara ataupun Tarumanagara Xinya College.

Sesuai dengan slogan Danacita, yaitu “Solusi Cerdas Biaya Kuliah”, diharapkan kerja sama ini dapat meringankan pembiayaan pendidikan serta memudahkan mahasiswa maupun juga orang tua dalam meraih impian bersekolah di salah satu Perguruan Tinggi yang berada di bawah Yayasan Tarumanagara. Pembayaran bertahap tersebut tentunya akan lebih terjangkau, apalagi jika dibandingkan dengan kewajiban pelunasan langsung biaya kuliah di satu periode tertentu yang seringkali menjadi tantangan besar dari orang tua dalam pemenuhannya.

Pada kesempatan tersebut, Yayasan Tarumanagara menyambut baik penandatangan kerja sama kedua belah pihak yang telah dilakukan. Seperti yang disampaikan oleh Ketua Yayasan, Dr. Gunardi Lie, S.H., M.H: “Dalam menghadapi tantangan global era 4.0, Yayasan Tarumanagara sebagai Yayasan yang bergerak di bidang pendidikan dan kesehatan terdepan di masyarakat terus berupaya untuk melakukan inovasi dan menjawab kebutuhan masyarakat. Pada saat ini kita bukan hanya menghadapi pandemi global COVID-19, tetapi dampak yang lebih besar dari akibat pandemi tersebut yang menimbulkan tantangan ekonomi dan krisis yang telah melanda kita semua. Kami, Yayasan Tarumanagara yang memiliki beberapa perguruan tinggi menyadari bahwa satu-satunya cara untuk menghadapi tantangan ini yaitu dengan melakukan kerja sama dan bergandengan tangan dengan seluruh pemangku kepentingan untuk dapat bersama-sama melewati masa krisis ini. Terutama bagi mahasiswa aktif yang berada di perguruan tinggi di bawah kami, tidak menutup kemungkinan dengan adanya pandemi ini berakibat pada terganggunya perkuliahan khususnya dalam hal pembiayaan kuliah.

Yayasan Tarumanagara melihat bahwa Danacita sebagai salah satu perusahaan teknologi finansial berfokus untuk menghadirkan pembiayaan pendidikan yang terjangkau untuk menjembatani kesenjangan pendidikan di Indonesia. Hal tersebut sejalan dengan misi kami yaitu untuk dapat memberikan pendidikan yang berbiaya terjangkau bagi seluruh anak bangsa, khususnya yang menempuh pendidikan di Perguruan Tinggi yang ada di bawah Yayasan Tarumanagara. Oleh karena itu kami menyambut baik adanya kerja sama ini dan juga kami berharap dengan adanya kerja sama, kami dapat semakin memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat serta, memfasilitasi aspirasi masyarakat dari semua lapisan dalam bidang pendidikan dan kesehatan yang berkualitas, berbiaya terjangkau, dan inovatif.”

“Kami sangat senang dan bangga bahwa Yayasan Tarumanagara yang memiliki beberapa Perguruan Tinggi di bawah pengelolaannya menjadi mitra terbaru kami dalam menyediakan solusi pembayaran biaya kuliah yang terjangkau bagi para mahasiswanya. Dengan inovasi pembiayaan yang kami tawarkan, kami berharap bisa menjadi solusi nyata, khususnya di tengah kondisi penuh tantangan belakangan ini. Pendidikan terbaik harus selalu diusahakan dan dengan kerja sama erat bersama Yayasan Tarumanagara, Danacita akan terus bergerak untuk mewujudkan misi besar kami yaitu “Making Education Affordable”, Alfonsus Wibowo selaku perwakilan dari Danacita menambahkan.

Inovasi yang diberikan oleh Danacita di antaranya adalah pengajuan yang cepat dan mudah, dimana keseluruhan proses dilakukan secara daring di situs www.danacita.co.id tanpa DP ataupun uang muka, hingga tanpa biaya administrasi tambahan yang dibebankan. Sistem asesmen risiko yang nantinya diajukan oleh mahasiswa Tarumanagara dilakukan dengan melihat profil dan karakteristik mahasiswa tersebut, diantaranya dengan melihat potensi mahasiswa di masa depan.

Inovasi yang diberikan oleh Danacita di antaranya adalah pengajuan yang cepat dan mudah, dimana keseluruhan proses dilakukan secara daring di situs www.danacita.co.id tanpa DP ataupun uang muka, hingga tanpa biaya administrasi tambahan yang dibebankan. Sistem asesmen risiko yang nantinya diajukan oleh mahasiswa Tarumanagara dilakukan dengan melihat profil dan karakteristik mahasiswa tersebut, diantaranya dengan melihat potensi mahasiswa di masa depan.

Sekedar informasi, Danacita adalah salah satu anak perusahaan ErudiFi, yaitu suatu perusahaan berbasis teknologi dengan misi untuk membangun masa depan yang lebih cerah untuk anak-anak muda se- Asia Tenggara. Danacita sendiri adalah platform pembiayaan pendidikan dengan misi memperluas akses pendidikan tinggi dan pelatihan di Indonesia. Mulai beroperasi di tahun 2018, sejauh ini Danacita telah membantu pelajar-pelajar di 100 lebih kampus di seluruh Indonesia belajar di sekolah pilihan mereka. Danacita juga telah terdaftar sebagai platform P2P di OJK. (win)

Tags
Close