EKONOMI

Berdikari Serap Live Bird dari Peternak Rakyat Melalui RPHU 

ok PT Berdikari sebagai BUMN Peternakan yang tergabung dalam BUMN Holding Pangan menyerap live bird yang dipotong melalui Rumah Potong Hewan Unggas (RPHU) milik Berdikari di Cianjur, Jawa Barat. (dok: Istimewa)

Jakarta Review, Jakarta – PT Berdikari sebagai BUMN Peternakan yang tergabung dalam BUMN Holding Pangan terus berupaya menjalankan perannya membantu pemerintah dalam menjaga stabilisasi harga dan ketersediaan pasokan pangan sumber protein unggas di pasaran.

Langkah strategis itu direalisasikan Berdikari dengan penyerapan live bird yang dipotong melalui Rumah Potong Hewan Unggas (RPHU) milik Berdikari di Cianjur, Jawa Barat.

“RPHU ini merupakan upaya integrasi rantai industri perunggasan Berdikari sebagai komitmen dalam menjaga dan memastikan kualitas karkas yang dikonsumsi masyarakat sesuai dengan standar Aman, Sehat, Utuh, dan Halal (ASUH) sehingga dapat menyediakan pangan berkualitas untuk masyarakat,” ungkap Direktur Utama Berdikari, Harry Warganegara dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis (1/9).

Dalam tahap awal ini Berdikari menyerap dan memotong langsung melalui RPHU Berdikari hampir 7 ton atau 3060 ekor live bird dari salah satu mitra Berdikari, yaitu anggota Koperasi Produsen Wira Sakti Utama yang merupakan anggota dari GOPAN (Gabungan Organisasi Peternak Ayam).

“Langkah ini merupakan upaya Berdikari mendukung pemerintah dalam mewujudkan stabilitas pangan khususnya perunggasan nasional salah satunya adalah dengan penyerapan live bird yang telah dilakukan hari ini,” tambah Harry.

Pemotongan live bird di RPHU Berdikari di Cianjur itu dihadiri perwakilan Berdikari, Ude Ahdar Maruf selaku Group Head Poultry Business.

Distribusi dan pemasaran dari live bird hasil penyerapan tersebut akan dilakukan Berdikari melalui pola bisnis ke bisnis, maupun bisnis ke ritel yang dijual melalui Gerai Daging Berdikari.

Arief Prasetyo Adi Kepala Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) mengungkapkan, saat ini pemerintah sedang terus membenahi sektor perunggasan nasional demi peningkatan kesejahteraan peternak rakyat.

NFA bersama stakeholder perunggasan nasional telah merumuskan rancangan yang bersifat komprehensif dari hulu ke hilir untuk memperkuat ekosistem perunggasan di Indonesia, sehingga solusi permasalahan tidak bersifat parsial.

“Salah satu yang paling menentukan adalah memberikan kepastian penyerapan hasil peternakan dengan harga yang wajar melalui skema penyerapan dan penyaluran hasil peternakan dengan melibatkan Bulog dan PT Berdikari,” ujarnya.

Selain dukungan penyerapan, Arief menambahkan, dukungan regulasi juga sangat penting untuk mengamankan kepastian harga, diantaranya melalui penyusunan ulang regulasi harga acuan pembelian dan penjualan (HAP).

Upaya bersama dalam penguatan sektor perunggasan ini sejalan dengan arahan Presiden RI Joko Widodo sebagai bentuk antisipasi menghadapi krisis pangan yang melanda dunia internasional saat ini. Penguatan penyerapan dan pendistribusian ini juga untuk mendukung arahan Presiden guna menghubungkan daerah yang memiliki pasokan melimpah (surplus) dengan yang defisit.

Berdikari mendukung penuh inisiatif pemerintah tersebut. Sejak tahun 2020, Berdikari telah membuka kerjasama dengan mitra peternak rakyat dimana Berdikari mensuplai DOC FS dan pakan kepada mitra peternak rakyat baik yang tergabung dalam koperasi atau lainnya peternak rakyat baik yang tergabung dalam koperasi maupun berbadan hukum Perusahaan Terbatas (PT).

Kini, peternak rakyat telah dapat bermitra dengan Berdikari terkait budidaya Parent Stock (PS). Selain menjalin kerjasama budidaya dalam penyediaan Day Old Chick (DOC), pakan, dan vitamin untuk peternak rakyat, Berdikari juga melakukan penyerapan hasil produksi dari peternak berupa karkas ayam seperti yang tengah dilakukan saat ini.

Harry meyakini “Dengan sinergi yang kuat, BUMN Holding Pangan dapat bersama mewujudkan ketahanan pangan dan meningkatkan kesejahteraan pelaku industri pangan nasional. Tentunya visi besar ini membutuhkan sinergi dari berbagai pihak, termasuk didalamnya kemitraan dengan peternak berbadan hukum maupun peternak rakyat yang tergabung dalam koperasi, hingga penyerapan live bird seperti yang dilakukan hari ini.”

Untuk itu, sebagai langkah awal, peternak rakyat dapat mengajukan kerjasama kemitraan kepada Berdikari. Info lebih lanjut mengenai kemitraan dengan Berdikari dapat diakses melalui instagram PT Berdikari @berdikari.persero.

Related Articles

Back to top button