EKONOMI

Luncurkan BeBest dan Gerai Daging Berdikari, BUMN Peternakan Hadirkan Produk Olahan Berkualitas 

Ki-ka Dirut PT Berdikari (Persero) Harry Warganegara, Dirut PT RNI (Persero) Arief Prasetyo Adi, Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo. (dok: Istimewa)

Jakarta Review, Jakarta – PT Berdikari (Persero) sebagai BUMN Peternakan yang tergabung dalam BUMN Klaster Pangan, telah resmi meluncurkan merek BeBest sebagai solusi produk olahan berkualitas yang terjangkau. Kegiatan peluncuran yang merupakan rangkaian akhir dari ulang tahun Berdikari ke 55 tersebut juga memperkenalkan outlet distribusi bernama Gerai Daging Berdikari. Disiarkan secara langsung melalui kanal sosial media dan fasilitas temu virtual, Berdikari menggelar kegiatan tersebut dari fasilitas Cold Storage baru yang berlokasi di areal pergudangan Berdikari Logistik Indonesia di Yos Sudarso, Jakarta pada Senin (23/8).

BeBest yang berarti persembahan terbaik Berdikari (Berdikari Best) dan Gerai Daging Berdikari mewakili upaya BUMN Perternakan tersebut untuk memperkuat kehadiran di tengah masyarakat demi misi Indonesia Bergizi.

Berbagai pihak termasuk Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dalam sambutannya berharap dengan semakin bertambahnya usia Berdikari dan kehadiran di segmen ritel, akan membuat Berdikari lebih mampu memuarai hasil peternakan, pertanian, dan pangan nasional. Hal tersebut menjadi modal menuju BUMN yang mempunyai daya saing global.

Selain dihadiri oleh Menteri Pertanian, kegiatan peluncuran juga turut dihadiri oleh elemen Kementerian Koordinator Perekonomian, Kementerian BUMN, Kementerian Perdagangan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, serta Kementerian Investasi.

Dalam sambutan secara virtual, Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan harapan agar Berdikari dalam beberapa tahun kedepan bisa memperbaiki ekosistem daging dan perunggasan nasional sehingga Indonesia tidak lagi bergantung pada import.

Turut memberikan kata sambutan adalah Direktur Utama PT RNI (Persero) Arief  Prasetyo Adi sebagai Ketua BUMN Klaster Pangan yang berharap kegiatan peluncuran produk dan outlet distribusi semakin memperkuat peran Berdikari sebagai penyedia pangan protein hewani kebanggaan Indonesia serta BUMN Klaster Pangan sebagai penyedia kebutuhan pangan yang inovatif.

“Hari ini sektor Peternakan, Melalui pengembangan produk retail be best setelah sebelumnya dari Sektor pertanian kami hadirkan beras Rania.” Jelas Arief pada kesempatan peluncuran produk Be Best Berdikari.(23/8/2021)

Arief menambahkan bahwa dengan persiapan menuju Holding BUMN Pangan, RNI telah mempersiapkan inovasi beberapa produk retail pangan untuk kebutuhan pangan pokok masyarakat. Hal ini menurutnya sejalan dengan tujuan dari pengholdingan bumn pangan yakni sejalan dengan visi misi Pemerintah dalam transformasi sektor pangan, Selain itu juga meningkatkan inklusivitas dan kesejahteraan Petani / Nelayan/Peternak yang perlu ditingkatkan karena selama ini baik nilai tukar petani, nelayan maupun peternak masih relative kecil.

Selain dihadiri oleh manajemen Rajawali Nusantara Indonesia, manajemen dari PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero), PT Garam (Persero), PT Sang Hyang Seri (Persero), PT Pertani (Persero), PT Perikanan Nusantara (Persero), PT Perikanan Indonesia (Persero), dan PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) juga turut hadir baik secara fisik maupun virtual sebagai simbol sinergi yang kuat dari BUMN Klaster Pangan untuk Indonesia.

“Berdikari sebagai BUMN, hadir untuk mewujudkan Indonesia Bergizi. Oleh karena itu, kami memilih puncak rangkaian kegiatan ulang tahun ke 55 dengan memperkenalkan BeBest dan Gerai Daging Berdikari.” Ungkap Direktur Utama Berdikari Harry Warganegara pada kegiatan peluncuran.

Harry menyatakan bahwa terjun ke segmen ritel melanjutkan langkah Berdikari untuk menjadi BUMN yang tidak hanya sekedar hadir bagi masyarakat, tetapi mampu memberikan kontribusi berharga bagi pemerintah. Selain menawarkan produk olahan BeBest mulai dari sosis, kornet, nugget, hingga karkas ayam utuh yang berkualitas dan terjangkau, Berdikari juga menawarkan skema kemitraan serta reseller.

Berdikari hadir ditengah peternak rakyat melalui program kemitraan ayam broiler, baik di pembibitan (Parent Stock) hingga ke ayam siap jual (Final Stock). Sementara bagi masyarakat luas, Berdikari menawarkan program reseller freezer point yang berpotensi menambah penghasilan rumah tangga perorangan hingga UMKM. Inisiatif yang dilakukan Berdikari tidak terlepas dari upaya untuk terus memperkuat peran BUMN Klaster Pangan serta meningkatkan kinerja persero.

“Berdikari Siap memberikan kontribusi terhadap perbaikan ekosistem peternakan Indonesia dan peningkatan kesejahteraan peternak mandiri maupun value chainnya,” Pungkas pimpinan Berdikari dalam sambutannya.

Berbagai inovasi dan langkah yang dilakukan Berdikari telah terbukti meningkatkan kinerja, tercermin dari hasil Semester I tahun 2021 yang diatas target. Laba persero secara konsolidasi hingga akhir Juni 2021 mencapai Rp 49,10 Miliar atau Rp 51,43 Miliar diatas target. Pencapaian tersebut didukung oleh penjualan hingga akhir Juni 2021 yang mencapai Rp 759,91 Miliar atau Rp 420,16 Miliar diatas target, dan total aset persero pada akhir Juni 2021 mencapai Rp 967,87 Miliar atau Rp 421,51 Miliar diatas target.

Berdikari meyakini, dengan sinergi yang kuat, BUMN Klaster Pangan dapat bersama mewujudkan ketahanan pangan dan meningkatkan kesehatan serta kesejahteraan masyarakat. Info lebih lanjut mengenai Berdikari dapat diakses di situs web berdikari-persero.co.id

Related Articles

Back to top button