EKONOMI

PPI Ekspor Perdana Pupuk Non Subsidi ke Timor Leste 

Ekspor Timor Leste. (dok: Istimewa)

Jakarta Review, Jakarta – PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) atau PPI berhasil melakukan ekspor perdana pupuk non-subsidi ke Timor Leste. Kegiatan ekspor ini merupakan langkah awal bagi PPI untuk melaksanakan rencana kerjasama imbal dagang antara Republik Indonesia dengan Republik Demokrasi Timor Leste melalui Kupang, (19/02).

PPI menggandeng PT Petrokimia Gresik dalam melakukan ekspor tahap pertama ini yang berupa pupuk non-subsidi SP-36 sebanyak 2.000 kg dan NPK Phonska Plus sebanyak 3.000 kg.

Nandung Tatag S, Regional Manager PPI Cabang Kupang mengatakan ekspor dilakukan langsung oleh PT PPI Cabang Kupang.

Menurutnya, pilihan ekspor melalui NTT karena secara geografis Timor Leste berbatasan darat langsung dengan wilayah NTT , sehingga hal ini memudahkan pihak PPI dalam akses pengiriman barang.

“Kedepan PPI secara intensif akan terus melakukan penjajakan untuk menangkap peluang dan potensi dalam rangka memenuhi kebutuhan Pemerintah Timor Leste,” ujar Nandung dalam keterangan resminya, Sabtu (20/2).

Direktur Komersil PPI Eko Budianto dalam kesempatan yang berbeda mengatakan, ekspor perdana ini merupakan jalan pembuka bagi ekspor produk-produk yang lain nantinya. Pupuk non-subsidi, pakan ternak dan pestisida ini menjadi salah satu produk unggulan PPI cabang Kupang, kami optimis bisa positif lagi di triwulan I 2021 ini.

“Hasil pertanian dan alat pertanian akan kami penuhi untuk langkah selanjutnya. Peningkatan ekspor ini jelas membantu meningkatkan peran BUMN bagi program pemulihan ekspor nasional yang menjadi program pemerintah terutama di tengah kondisi pandemic ini.” ungkapnya.

Menurutnya PPI sebagai anggota kluster pangan dalam lini trading, terus melakukan transformasi dengan akselerasi dalam berbagai aspek. Pemenuhan nilai – nilai strategis prioritas BUMN diinternalisasikan dalam strategic alignment program kerja 2021

Related Articles

Back to top button