NASIONALOTOMOTIF

Indonesia Raih Juara Pertama Ajang Perlombaan Final Gemba Challenge 2016 di Jepang

Anggota Tim Kerak Telor saat menerima penghargaan sebagai Juara Pertama dalam Final kejuaraan UD Trucks Gemba Challenge 2016 (istimewa)
Anggota Tim Kerak Telor saat menerima penghargaan sebagai Juara Pertama dalam Final kejuaraan UD Trucks Gemba Challenge 2016 (istimewa)

Jakarta Review – Tim Kerak Telur dari Astra International UD Trucks Indonesia berhasil meraih prestasi membanggakan dalam Final kejuaraan UD Trucks Gemba Challenge 2016. Tim yang terdiri dari Frize Dian Anggi Pratama, Rachmat Ary Wibowo, Tri Mulyono, Stephanus Budi terpilih sebagai juara pertama dan juara terbaik Quester dalam kompetisi final global purna jual bagi para mekanik tersebut. Mereka berhasil menyisihkan tim Poso dari Jepang sebagai juara 2, dan tim Lobster dari Thailand sebagai juara 3.

Dalam ajang 2 tahunan yang digelar di Ageo Jepang 15-16 November 2016 tersebut diikuti oleh 1156. Penyelenggaran tahun ini menandai tahun kedua UD Trucks menggelar kompetisi Gemba Challenge bagi para mekanik UD Trucks di seluruh dunia, termasuk Asia dan Afrika. Tim dari Thailand, Hong Kong, Taiwan dan negara-negara di kawasan Afrika bagian selatan bergabung dengan kompetisi untuk pertama kalinya.

Head of Competence Development UD Trucks Indonesia Ali Rachman mengatakan tujuan dari UD Gemba Challenge adalah untuk mengembangkan keterampilan, semangat tim dan kebanggaan di antara UD personil aftermarket garis depan.

“Ini merupakan kegiatan penting untuk memelihara semangat UD Gemba dalam menjalankan brand promise UD Trucks,”Going The Extra Mile” dan nilai inti dari “Ultimate Dependability“, tuturnya sesuai keterangan pers yang diterima oleh Jakarta Review (17/11/ 2016)

Kompetisi tahun ini lanjutnya dimulai pada bulan Juni dan diikuti oleh 289 tim dari seluruh dunia. Setiap tim terdiri dari 4 mekanik dengan dua putaran teori yang diadakan secara online.

Kami bangga Indonesia tampil menjadi juara pertama dalam ajang yang makin kompetitif ini, pasalnya jumlah peserta tahun ini mengalami pertambahan pesat sebesar 57 persen dibandingkan dengan 2 tahun sebelumnya yang hanya 185 tim, terang Ali.

Sebelas tim tampil dalam tahap final kompetisi yang di gelar secara langsung di UD Experience Center Center kantor pusat perusahaan di Ageo. Dua dari Indonesia, dua tim dari Thailand, empat tim dari Jepang, satu team dari Malaysia, Taiwan, dan juara bertahan Afrika Selatan BB Truck & Tractor Polokwane, pemenang Gemba Tantangan 2014.

Service Department Head Astra International UD Trucks Indonesia S. Purbo Yuwono yang berperan sebagai ketua Tim Kerak Telur mengatakan tantangannya tidak hanya menguji kemampuan individu para mekanik, ahli komponen dan perwakilan layanan pelanggan, tetapi juga mempromosikan semangat tim dengan mendorong tim untuk memecahkan masalah bersama-sama.

“Yang diutamakan bukan waktu penyelesaiannya, tapi mekanisme penyelesaian yang setara dengan standard UD Trucks, dan kami terbukti mampu setara dengan standard UD Trucks secara international,”ungkapnya.

Harapannya dengan adanya UD Gemba Challenge, danUD Trucks going the extra mile melatih dan memotivasi para lini terdepan dan mekanik UD untuk dapat berkomitmen dalam menyediakan produk dan layanan dengan standard yang prima. (fh)

Tags
Close