NASIONAL

Jaga Stabilitas Harga Beras di Tengah Panen Raya, RNI Jalin Kerja Sama Penyerapan Gabah Petani

Direktur Utama RNI Arief Prasetyo Adi bersama Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo, Sabtu, 27 Maret 2021, di Jombang, Jawa Timur. (dok: Istimewa)

Jakarta Review, Jombang  – PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) memperkuat kerja sama dalam bidang pangan dengan Kementerian Pertanian RI. Kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan Memmorandum of Understanding (MoU) tentang Penyerapan Hasil Panen Petani oleh Direktur Utama RNI Arief Prasetyo Adi bersama Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo, Sabtu, 27 Maret 2021, di Jombang, Jawa Timur.

MoU yang juga ditandatangani oleh berbagai pihak diantaranya dengan Kostraling (Komando Strategi Penggilingan Padi), Perum Bulog, serta PT BNI (Persero) Tbk tersebut dilakukan dalam rangka menjaga stabilisasi harga gabah/beras disaat panen raya padi tahun 2021.

Melalui MoU ini RNI bersama Bulog dan Kostraling akan berperan sebagai off-taker dengan menyerap gabah petani untuk diolah dan didistribusikan. Sementara, BNI berperan dalam hal pendanaan melalui penyalur Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk proses budidaya, penanganan panen, pasca panen, serta pengolahan hasil terpadu.

Sebelum penandatanganan MoU, Arief bersama Menteri Pertanian melakukan Panen Raya Padi di Desa Kedungrejo, Kecamatan Megaluh, Jombang. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Jombang serta Direktur Utama PT Pertani Maryono.

Diharapkan kerja sama ini dapat meningkatkan penyerapan gabah petani serta mendorong peningkatan kesejahteraan petani, dimana tujuan tersebut sejalan dengan Visi dari BUMN Klaster Pangan dalam mewujudkan ketersediaan, keterjangkauan, dan keberlanjutan pangan nasional.

Related Articles

Back to top button