NASIONAL

Peluncuran Harkornas 2020 di Surabaya, Wakil Ketua BPKN Rolas Sitinjak: Momentum Kepedulian Bersama

Jatim dipilih karena dinilai peduli perlindungan konsumen

Surabaya – Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) akan menggelar sejumlah kegiatan pada Maret mendatang guna menyambut Hari Konsumen Nasional (Hakornas) 2020 yang diperingati setiap 20 April dan Hari Konsumen Dunia pada tiap tanggal 15 Maret. Menurut Wakil Ketua BPKN, Rolas Sitinjak, sejumlah kegiatan yang digelar bermaksud memasifkan integritas perlindungan lintas sektor di masyarakat.

“Harkornas 2020 akan menjadi momentum bersama dalam memperkuat integritas perlindungan konsumen,” katanya di Surabaya, Jumat (31/1/2020).

Advokat yang telah lima kali memenangkan gugatan Lion Air atas penelantaran konsumen ini menjelaskan, ada empat tujuan yang hendak dicapai Hakornas 2020. Pertama, mengingatkan membangun kesadaran atas hak-haknya. Kedua, pemerintah dan pemerintah daerah menjadi penanggung jawab penyelenggaraan perlindungan konsumen. Ketiga, pelaku usaha diminta jujur, bertanggung jawab sebagaimana diatur dalam Pasal 7 UU Nomor 8 tentang Perlindungan Konsumen Tahun 1999. Dan keempat, lembaga perlindungan seperti BPKN dan LPKSM (Lembaga Perlindungan Konsumen Swadaya Masyarakat) terus mengingatkan masyarakat arti penting perlindungan konsumen.

“Perlu disadari bahwa upaya pemberdayaan konsumen merupakan perjalanan yang panjang dan melibatkan pemangku kepentingan luas. Karena itu, butuh energi untuk menjaga momentum para pemangku kepentingan agar selalu memiliki komitmen yang tinggi dalam melindungi konsumen yang diperingati hari konsumen setiap tanggal 20 April dan Hari Konsumen Dunia setiap tanggal 15 Maret agar selalu ingat dan berkomitmen dalam melindungi dan memberdayakan konsumen,” kata peraih gelar doktor bidang hukum dari Universita Trisakti Jakarta ini.

Hakornas 2020 sendiri akan digelar di Surabaya dengan menggandeng Kementerian Perdagangan dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim). Rolas Sitinjak bercerita, pada Jumat (31/1/2020) di Surabaya telah dilakukan rangkaian acara peluncuran (launcing) yang dihadiri Menteri Perdagangan Agus Suparmanto, Wakil Gubernur Jatim Emil Dardak dan sejumlah pejabat serta tokoh. Jatim dipih sebagai tuan rumah dengan meluncurkan maskot Hari Konsumen Nasional (Harkonas) 2020 bertajuk “Cak Enda” berbentuk ikan Lumba-lumba, hewan yang terbilang cerdas dan sering membantu manusia.

Saat peluncuran ikon Hakornas 2020 bernama Cak Enda

“Nama Cak Enda singkatan dari Konsumen Berdaya yang bertujuan memasifkan perlindungan konsumen yang berintegritas di setiap lini kehidupan masyarakat. Harkornas merupakan upaya bersama dalam membangun integritas perlindungan konsumen. Perlindungan konsumen tidak bisa dilakukan secara sendiri-sendiri, ” pungkas Rolas. (Bung)

Related Articles

Back to top button