NASIONAL

Sosok Kapolri Baru Bawa Optimisme Pengusaha 

Wakil Ketua Dewan Pertimbangan Kadin DKI Jakarta Sarman Simanjorang. (dok: Istimewa)

Jakarta Review, Jakarta – Dunia usaha merespon dan mengapresiasi atas pilihan Presiden terhadap Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo, sebagai Kapolri baru menggantikan Jenderal Pol Idham Azis yang dalam waktu dekat memasuki masa pensiun.

Pandangan tersebut disampaikan oleh Wakil Ketua Dewan Pertimbangan Kadin DKI Jakarta Sarman Simanjorang dalam keterangan resminya, 17/1/2020.

“Dari 5 perwira tinggi yang diajukan Kompolnas, dipastikan semuanya merupakan prajurit Bhayangka terbaik, namun karena harus memilih satu, maka Presiden dengan hak progratif yang dimiliki disertai berbagai pertimbangan dan penilaian akhirnya menjatuhkan pilihan kepada kepala Bareskrim Polrin saat ini,” ujar Sarman.

Sarman menambahkan sebagai salah satu prajurit terbaik Bhyangkara pelaku usaha sangat optimis dibawah kepemimpinan Komjen Pol. Listyo Sigit Prabowo, institusi POLRI akan mampu meneruskan prestasi Kepolisian yang sudah berjalan selama ini. Apalagi saat ini kita sedang berjuang untuk menghadapi pandemi covid 19 yang telah 11 bulan mengancam kelangsungan dunia usaha.

“Harapannya Kepolisian jangan pernah lelah bersama aparat TNI dan instansi terkait untuk melakukan sosialiasi, pengawasan dan penindakan terhadap para pelanggar protokol kesehatan. Termasuk dalam mengawal program vaksin 19 yang baru dimulai diharapkan berjalan sukses untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional,” jelasnya.

Lebih lanjut Sarman menjelaskan, setidaknya ada 5 harapan pelaku usaha kepada institusi POLRI kedepan dibawah komando Kapolri baru sesuai dengan UU No.2 Tahun 2022 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia antara lain ;

  1. Memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat.Dengan suasana yang aman,nyaman dan kondusif secara otomatis juga akan diikuti iklim usaha dan investasi yang produktif dan bergairah. Kondisi ini akan sangat memungkinkan mempercepat proses pemulihan ekonomi nasional ke aerah pertumbuhan yang positif.
  2. Menumpas sampai ke akar akarnya jaringan/sel sel teroris yang masih tersisa sehingga kita terbebas dari ancaman teroris dan bom yang dapat mengganggu pasar keuangan dan kepercayaan investor
  3. Meneruskan peran POLRI selama ini, menjaga stabilisasi harga pokok pangan melalui Satgas pangan dan menindak dengan tegas oknum yang melakukan penimbunan komoditi tertentu yang menyebabkan terjadinya gejolak harga pokok pangan.
  4. Memberantas praktek premanismen dan pungli yang membebani pelaku usaha yang menyebabkan timbulnya biaya tinggi.
  5. Penegakan hukum terkait perdagangan/bisnis,perlindungan konsumen dan metrologilegal, termasuk praktek bisnis illegal yang melanggar peraturan perundang undangan.

Pelaku usaha sangat berharap paska Covid 19, suasana kamtibmas tetap terjaga dan kondusif, sehingga berbagai aktivitas perekonomian berjalan lancar, operasional dunia usaha bergairah untuk mempercepat bangkitnya kembali para pelaku usaha yang sudah 11 bulan terpuruk.

“Kita berdoa agar proses fit and proper test Komjen Pol Listyo Sigit  Prabowo di Komisi III DPR berjalan lancar sampai dengan pelantikan oleh Presiden,” tandas Ketua Umum DPD HIPPI Provinsi DKI Jakarta

Related Articles

Back to top button