OLAHRAGA

Satu Gol Messi Bawa Barca Amankan Gelar

Barcelona rebut gelar juara di Vicente Calderon. (fcbarcelona.com)
Barcelona rebut gelar juara di Vicente Calderon. (fcbarcelona.com)

Madrid, Jakarta Review – Bintang penyerang FC Barcelona, Lionel Messi berhasil membawa timnya mengunci gelar juara La Liga Spanyol musim ini. Legiun asal Argentina itu mencetak gol semata wayang dalam laga menentukan kontra Atletico Madrid di Stadion Vicente Calderon, Madrid, Senin (18/5) dini hari WIB.

Kendati hanya menang tipis 1-0 atas juara La Liga musim lalu itu, namun tambahan tiga poin dalam laga tersebut sudah cukup membuat Barca memastikan gelar liga domestik dengan satu pertandingan tersisa. Kini, tim asal Catalan berada di puncak klasemen La Liga dengan selisih empat poin dari tim perigkat kedua, Real Madrid.

Kemenangan 4-1 yang diperoleh Madrid atas tuan rumah Espanyol di waktu yang sama tidak menggoyahkan posisi Barcelona dalam persaingan perburuan gelar juara. Kini, Barca mengoleksi 93 poin, sementara Madrid mengumpulkan 89 poin.

Bermain di kandang lawan, tidak menyurutkan semangat penggawa Barca untuk memastikan gelar juara lebih awal. Akan tetapi tim tuan rumah memiliki rencana untuk merusak pesta juara tim besutan Luis Enrique. Pertahanan rapat Atletico membuat pasukan El Barca tidak berkutik di paruh pertama.

Awal paruh kedua, pertarungan di lini tengah sangat ketat. Tanpa kehadiran Luis Suarez, yang masih cedera, Barca seperti kehilangan kreasi untuk mendobrak pertahanan lawan.

Beruntung pada menit ke-65, Messi berhasil memecah kebuntuan, tendangan mendatar ke sisi kiri gawang gagal dijangkau oleh kiper Jan Oblak. Tim tamu pun unggul 1-0, dan skor ini bertahan hingga wasit wasit meniupkan peluit panjang tanda pertandingan berakhir.

Kemenangan ini seolah membalas apa yang diterima Barca di musim lalu. Seperti diketahui, Atletico pada musim lalu menggelar pesta juara di kandang Barcelona, setelah mengakhiri laga dengan kedudukan sama kuat, padahal di laga tersebut, Barca wajib mendulang kemenangan untuk meraih titel juara. Namun, kali ini Messi dkk membalikkan kondisi tersebut. Barca pun merebut gelar liga yang ke-23 sepanjang sejarah.
Susunan pemain kedua tim

Atletico Madrid: Oblak; Juanfran, Godín, Gimenez, Siqueira; Mario (Raul Garcia 68), Gabi, Koke, Arda (Mandzukic 72); Griezmann, Torres (Saul 79)

Barcelona: Bravo; Alves, Pique, Mascherano, Alba (Mathieu 80); Busquets, Iniesta (Xavi 82), Rakitic (Rafinha 86); Messi, Neymar, Pedro

Referee: Alberto Undiano Mallenco

Tags

Artikel Terkait

Close