REHATSEREMONI

Agus Marto Resmikan Kantor Perwakilan BI Jakarta

foto : elsinta.com
foto : elsinta.com

Jakarta Review – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi DKI Jakarta hari ini akhirnya resmi berdiri. Kantor Perwakilan ke-44 BI tersebut diresmikan oleh Gubernur Jakarta Basuki Tjahaja Purnama bersama-sama dengan Gubernur Bank Indonesia (BI), Agus D. W. Martowardojo.

Peresmian dilakukan secara simbolis dengan menekan tombol dan penandatanganan prasasti yang berada di dalam gedung oleh Ahok, Gubernur BI Agus Martowardojo, dan Deputi V BI Hendar.

Peresmian perwakilan kantor yang berada di jalan Ir. H. Juanda Nomor 28 Jakarta Pusat tersebut, dilakukan bertepatan dengan hari ulang tahun Jakarta yang ke-488. Dalam kesempatan itu, Agus juga melantik Doni Primanto Joewono sebagai kepala perwakilan Bank Indonesia DKI Jakarta.

Pengambilan sumpah jabatan kepala perwakilan BI dilakukan oleh Agus Martowardojo. Dalam sambutannya, Agus membahas krisis global yang perlu diwaspadai oleh Indonesia. Selain itu juga dibahas tantangan regional yang akan dihadapi di masa mendatang.

“Dibentuknya kantor perwakilan BI di Jakarta merupakan bentuk implementasi untuk menghadapi tantangan global dan regional, kantor perwakilan perlu menjaring seluruh negeri salah satunya di buka di Jakarta,” ujar Agus, Senin (22/6).

“Hal ini didasari pertimbangan bahwa Jakarta adalah pusat kegiatan pemerintahan, industri, jasa keuangan, bisnis, dan pusat kebudayaan yang berkembang sangat cepat, serta pintu gerbang utama bagi masuknya arus investasi,” kata Agus, dalam peresmian kantor perwakilan BI di Jakarta.

Selain itu, Jakarta punya kontribusi yang signifikan terhadap inflasi nasional dan pertumbuhan domestik bruto (PDB). Jakarta menyumbang inflasi sebesar 20 persen terhadap inflasi nasional.

“Sementara itu, kontribusi PDRB (produk domestik regional bruto) Jakarta menyumbang 17 persen terhadap PDB (produk domestik bruto) nasional,” terangnya. (umi)

Tags

Artikel Terkait

Close