REHATSEREMONI

Asuransi Astra Raih Penghargaan Dari Tiga Ajang Bergengsi

sumber: majalah asuransi
sumber: majalah asuransi

Jakarta Review – Asuransi Astra selama tiga hari berturut-turut meraih kemenangan dalam tiga penghargaan bergengsi di Indonesia, yaitu predikat Best General Insurance 2015 dalam Media Asuransi Insurance Ward 2015 oleh Majalah Media Asuransi, predikat The Best in Building and Managing Corporate Image dalam Corporate Image Award 2015 oleh Majalah Tempo dan Frontier Consulting Group, serta predikat Best Financial Performance dalam Living Legend Companies Award 2015 oleh Majalah Warta Ekonomi.

Dalam Media Asuransi Insurance Award 2015, riset dilakukan oleh Lembaga Riset Media Asuransi atas Laporan Keuangan Publikasi per Desember 2014 dari 50 perusahaan asuransi jiwa, 81 perusahaan asuransi umum, dan lima perusahaan reasuransi. Penilaian perusahaan asuransi dikelompokkan berdasarkan ekuitasnya, dan harus memenuhi kriteria seperti mempublikasikan laporan keuangan di surat kabar, membukukan laba dalam dua tahun berturut-turut, mendapatkan opini ‘Wajar Tanpa Pengecualian’ dari akuntan publik yang melakukan audit laporan keuangan, serta memiliki rasio solvabilitas (RBC) minimum 120 persen. Dalam penghargaan yang dilaksanakan pada 9 Juni 2015 di Jakarta, ini Asuransi Astra meraih predikat Best General Insurance 2015 dengan ekuitas Rp>1,5 triliun.

Selanjutnya, Asuransi Astra juga menjadi juara dalam Corporate Image Award 2015 pada 10 Juni 2015 di Jakarta dengan menyandang predikat The Best in Building and Managing Corporate Image. Riset dalam penghargaan ini dilakukan oleh Frontier Consulting Group terhadap empat kelompok responden, yaitu manajemen/pelaku bisnis, stock holder/investor, jurnalis (selain jurnalis infotainment), dan masyarakat publik. Sebanyak 3.525 responden dilibatkan dalam riset ini melalui face to face interview, telephone interview, dan online survey. Pengukurannya sendiri menggunakan empat dimensi, yaitu quality, performance, responsibility, dan attractiveness. Dalam Corporate Image Award 2015 Asuransi Astra mendapatkan nilai indeks sebesar 1.755 atau yang terbaik di industri asuransi umum.

Terakhir, yaitu pada Kamis, 11 Juni 2015 Asuransi Astra mendapatkan anugerah dalam Warta Ekonomi Living Legend Companies Award 2015. Penghargaan yang digelar untuk kedua kalinya ini bertujuan mengapresiasi kemampuan perusahaan-perusahaan yang bertahan dan berhasil membukukan laba yang mengesankan.

Pada ajang ini ada 130 perusahaan berusia lebih dari 50 tahun yang dikaji oleh tim riset Warta Ekonomi dalam penghargaan ini. Proses pemilihan dilakukan melalui desk research dengan tiga tahap penilaian. Tahap pertama adalah menilai sejarah dari perusahaan maupun brand, tahap kedua adalah menilai inovasi layanan produk dan jasa serta strategi pemasaran perusahaan, dan tahap ketiga adalah menganalisis kinerja keuangan perusahaan pada 2013 hingga 2014 dengan menggunakan berbagai metodologi berdasarkan karakteristik dari sektor industri perusahaan. Berdasarkan kajian tersebut akhirnya Asuransi Astra dianugerahi Special Mention Award sebagai Best Financial Performance.

Menurut Santosa, CEO Asuransi Astra, penghargaan ini merupakan wujud apresiasi dari masyarakat atas perbaikan berkelanjutan yang Perusahaan lakukan. “Saya ucapkan terima kasih atas penghargaan-penghargaan yang kami raih. Namun di atas itu semua, yang kami cari adalah kepuasan pelanggan, bagaimana kami tetap bisa memberikan ‘peace of mind’ kepada jutaan pelanggan melalui layanan-layanan yang kami miliki,” ungkap Santosa.

Menurutnya ketiga penghargaan tersebut semakin memantapkan posisi Asuransi Astra sebagai perusahaan asuransi umum yang memiliki kinerja keuangan baik dengan berbagai inovasi layanan sehingga mampu bertahan tetap menjadi yang terbaik di industri. (umi)

Tags

Artikel Terkait

Close