KULINARIREHAT

Ini Dia Strategi MAXX COFFEE Bersaing dengan Brand Gerai Kopi Global

Maxx CoffeJakarta Review – Menyadari posisi sebagai pendatang baru di bisnis gerai kopi (coffe shop), Gerai kopi lokal miliki Lippo Group MAXX COFFEE sudah menyiapkan beberapa strategi untuk memenangkan persaingan.

“Saya yakin sebagai brand kopi lokal, kami masih bisa bersaing dengan brand kopi global yang sudah lebih dulu eksis,” ujar Geoffry Samuel, Head of Marketing MAXX COFFEE kepada Jakarta Review Senin, 15/6/15 lalu.

Geoffry menambahkan, pihaknya sudah menyiapkan beberapa strategi untuk bersaing dengan brand-brand gerai kopi global tersebut. Beberapa strategi tersebut antara lain, MAXX COFFEE mencoba tampil beda lewat range menu kopi yang ditawarkan.

Maxx Coffee lanjut Geoffry dalam operasionalnya juga menggunakan peralatan berteknologi paling canggih dari Amerika, MAXX COFFEE akan menghadirkan aneka kopi terbaik dari Indonesia. “Saat ini, kami sudah menghadirkan kopi Aceh Gayo, Kintamani, dan Flores. Ke depan, kami akan menghadirkan anek kopi dari berbagai dareah di Indonesia,” tutur Geoffry tentang keunikan yang ditawarkan MAXX COFFEE.

Tak berhenti pada produk, MAXX COFFEE juga menawarkan harga yang cukup kompetitif, yakni 20-30 persen lebih murah dibandingkan merek global. Dengan harga yang terjangkau itu, maka dirinya meyakini MAXX COFFEE akan mampu menjangkau pasar yang lebih luas. Antara lain, pasar daerah yang haus akan lifestyle yang baru.

Ini sejalan dengan langkah MAXX COFFEE yang memutuskan untuk melakukan ekspansi gerai dengan bergerilya di daerah. Antara lain, Kupang, Manado, dan dalam waktu dekat di daerah Buton dan Ambon.

“Sampai saat ini belum banyak jaringan coffee shop yang menggarap pasar daerah. Padahal, market di daerah haus dengan sesutu yang baru. Ini tentu pontesial market untuk kami. Oleh karena itu, selain di Jakarta, MAXX COFFEE juga gencar berkespansi ke daerah,” tandasnya seraya menyebutkan gerai MAXX COFFEE di Kupang, Manado, dan Jogja telah mendapat antusiasme yang sangat tinggi, alias di atas ekspektasi Lippo Group.

Sementara untuk mempercepat ekspansi gerainya, MAXX COFFEE sejak awal sudah memanfaatkan bisnis property Lippo Group yang tersebar di berbagai daerah. Setidaknya, gerai-gerai MAXX COFFEE akan hadir di berbagai property yang dimiliki Lippo Group—baik dalam bentuk full coffee shop, counter, maupun kontainer di wilayah parkiran.

Selanjutnya untuk strategi marketing komunikasi MAXX COFFEE lanjut Geoffry pihaknya akan memanfaatkan social media, menggandeng komunitas, menggelar brand activation, dan melakukan sejumlah promo. Semuanya berkonsep interaktif. Malam ini misalnya, bersama radio Light FM dan komunitas Classic Disco, kami akan menggelar aktivasi yang sifatnya enggament dengan konsumen. Sementara itu, untuk 12-14 Juni ini kami menggelar promosi ‘Buy 1 Get 1 Free’. Saat puasa nanti pun kami akan menggelar program promo.”

Terakhir, selain menawarkan pengalaman menikmati aneka kopi asli Indonesia, MAXX COFFEE juga ingin menjadikan MAXX COFFEE sebagai ‘MELTING POT’ atau tempat yang nyaman untuk berkumpulnya berbagai komunitas masyarakat. “Untuk itu, dengan bergaya vintage dan beberapa gerai MAXX COFFEE dikolaborasikan dengan toko buku Books & Beyond, kami melengkapi MAXX COFFEE dengan fasilitas WiFi hingga 100 Mbps,” pungkasnya. (umi)

Tags
Close