LIFESTYLE

Maknai Sumpah Pemuda, Ralali.com Pacu Pengusaha Millennial Indonesia Makin Maju

Suasana acara Coffee ‘Media’ Journey dengan tema “Road to 12.12 HarBIGNas” di Gordi HQ, Jakarta (28/10/2019). (win/jakrev.com)

Jakarta Review, Jakarta – Sumpah Pemuda menjadi penanda bagi generasi muda dengan mengukuhkan semangat dan cita-cita mendirikan Negara Indonesia. Dalam memaknai Hari Sumpah Pemuda, generasi penerus bangsa saat ini diharapkan menjadi motor penggerak dan agen perubahan untuk Indonesia sebagai negara ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara. Pasalnya, tingkat kewirausahaan Indonesia dinilai masih sangat rendah.

Berdasarkan data Entrepreneurship Global Index 2018, indeks kewirausahaan di Indonesia hanya 3,1% dan menduduki peringkat 94 dari 137 negara. Tertinggal dari negara ASEAN lainnya antara lain Singapura, Malaysia, Thailand dan Filipina.1 VP of Marketing Ralali.com Jessica Carla meyakini Sumpah Pemuda sebagai momentum tepat bagi pemuda untuk semakin produktif dan berkarya bagi Indonesia, memiliki peran dan fungsi strategis dalam mewujudkan Indonesia yang lebih maju.

Generasi muda saat ini memiliki karakteristik yang antusias, semangat kompetitif, serta kemampuan beradaptasi yang tinggi dengan perkembangan teknologi sehingga Indonesia siap menghadapi revolusi industri 4.0 dan bisa bersaing secara global.

Ralali.com memaknai Hari Sumpah Pemuda dengan konsisten memberdayakan UMKM dan pengusaha muda melalui inovasi teknologi. Agar ekonomi Indonesia dapat tumbuh kuat, seimbang dan berkesinambungan dengan kontribusi para pengusaha muda di sektor UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah).

Kegiatan Workshop Ralali.com seperti Coffee Journey turut mendukung kampanye HarBIGNas secara offline, dengan tujuan mengedukasi, dan mengenalkan kemudahan pemenuhan usaha untuk kemajuan usaha pelaku atau calon pelaku UMKM yang antusias dengan bisnis coffee shop.

Momentum Sumpah Pemuda yang memiliki makna untuk memajukan bangsa diaktualisasikan Ralali.com tidak hanya secara online (platform Ralali.com) melalui HarBIGNas yang dimulai di 10.10, 11.11 hingga puncaknya 12.12, namun juga melalui kegiatan-kegiatan offline.

“Hari ini adalah Coffee Journey Ralali.com ke-20 sejak akhir 2017 lalu. Kami telah mengedukasi langsung secara eksklusif 1.000 pelaku usaha industri kopi Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Semarang, Malang dan Bali. Tujuannya agar mereka semakin kreatif bisnisnya dan pemenuhan kebutuhan usaha kopinya terus berkembang melalui Ralali.com” kata Carla dalam acara Coffee ‘Media’ Journey dengan tema “Road to 12.12 HarBIGNas” di Gordi HQ, Jakarta (28/10/2019).

Lebih dari itu kehadiran HarBIGNas (Hari Belanja Item Grosir Nasional) 2019 dengan Tema “BIM SALA BIG, Bisnis Itu Mudah Usaha Langsung BIG” sejalan dengan target Ralali.com untuk memberdayakan 1 juta UMKM di tahun 2019. Kampanye HarBIGNas Ralali.com ini sebagai upaya mendorong pengusaha muda maupun pelaku UMKM yang memiliki usaha agar mudah mengembangkan usahanya melalui platform Ralali.com.

HarBIGNas adalah bentuk upaya pendekatan ke pelaku usaha melakukan transaksi via mobile apps Ralali.com. Mengingat dari 63 juta UMKM di Indonesia, baru 3,97 juta UMKM yang menggunakan teknologi2, sehingga program yang pro-UMKM ini bisa mendorong UMKM lebih melek digital saat mengembangkan bisnis khususnya dalam hal pemenuhan kebutuhan usaha (sourcing) dan pendanaan (financing).

“Kami hadirkan HarBIGNas yang memberikan keuntungan bagi UMKM, hanya dengan bertransaksi, belanja grosir sebanyak-banyaknya pada periode 10.10 sampai 12.12. Setiap transaksi senilai 10K akan mendapat 1 Ralali Poin untuk menjadi tiket memenangkan undian 12.12 dengan hadiah puluhan juta rupiah. Sahabat Ralali.com (UMKM) juga berhak mendapat beragam cashback ke Ralali Wallet, yang dapat dibelanjakan kembali untuk kebutuhan usaha, dimana saat dibelanjakan 12.12 secara offline nanti, nilainya akan berlipat ganda!” seru Carla dengan antusias.

HarBIGNas 2019 Ralali.com juga memberikan berbagai macam promosi melalui marketplace www.ralali.com dan apps mobile Ralali.com seperti CASHBACK mulai dari 10%, gratis ongkir 10 KG dengan Ralali Kargo, SE12IBU VOUCHE12, SU12P12ISE DEALS (khusus RALALI POIN), EXCLUSIVE 12.12 OFFERS, semua untuk memberikan kemudahan bagi usaha UMKM.

Ralali.com sebagai next generation of B2B platform mendorong generasi millennial menjadi pengusaha. Dengan menghadirkan ekosistem digital yang memberikan kemudahan akses dan kenyamanan berbelanja bagi para pengusaha muda, khususnya dalam hal pemenuhan barang kebutuhan usaha (sourcing) dan kemudian terhubung dengan akses fintech yang terus dikembangkan Ralali.com , antara lain payment (pembayaran), financing (pembiayaan), insurance (asuransi), investment (investasi) 2 Kominfo.go.id serta dilengkapi dengan adanya digital goods (pembelian pulsa, paket data, PLN, PDAM, BPJS dan uang elektronik).

Proporsi jumlah Sahabat Ralali.com³ didominasi oleh 75% pelaku usaha retail seperti warung kelontong, toko baju, toko HP, toko komputer (yang tergabung dalam kategori bisnis BIG Mart), disusul oleh 9.5% pelaku usaha kuliner seperti katering, cafe hingga restoran (tergabung dalam kategori bisnis BIG Resto) dan peringkat ketiga yakni 4.5% pelaku usaha automotif seperti bengkel motor atau mobil, toko oli hingga spare part kendaraan (tergabung dalam kategori bisnis BIG Auto).

“Ekosistem ekonomi digital yang dibangun Ralali.com secara holistik mempermudah pengusaha muda dan pelaku UMKM dari berbagai kategori usaha, seperti kuliner, otomotif dan penyedia barang dan jasa. Selain itu dengan transaksi yang di lakukan di Ralali.com UMKM berhak dan berkesempatan untuk mendaftarkan usahanya untuk memperoleh akses pendanaan melalui fitur fintech dari Ralali.com. Momen HarBIGNas ini kami manfaatkan untuk semakin menumbuhkembangkan bantuan untuk pelaku UMKM Indonesia,” imbuh Alvin Aulia Akbar, VP of Commercial and Partnership Ralali.com.

Uniknya modal usaha yang diberikan oleh Ralali.com yang berkolaborasi dengan berbagai partners fintech disalurkan dalam bentuk kebutuhan usaha, sesuai dengan kategori bisnis UMKM tersebut. Sehingga pengembangan usaha tepat sasaran sesuai dengan kebutuhan UMKM. kata Alvin.

Untuk melengkapi ekosistem digital Ralali.com, pihaknya membuat aplikasi BIG Agent sebagai on-demand platform yang sudah berpikir ke depan dalam memberikan kemudahan bagi pelaku bisnis dan UMKM melalui pemberdayaan SDM. Dengan menghubungkan jutaan tenaga kerja berbasis teknologi yang bertujuan menghasilkan pem3erataan akses bisnis di seluruh daerah di Indonesia. Di usianya yang terbilang masih sangat muda, BIG Agent mendapat penghargaan sebagai Startup of The Year dalam ajang bergengsi Rice Bowl Startup Awards (RBSA) atau ASEAN Startup Award 2019. Penghargaan ini memberikan penilaian dan pengakuan atas kinerja BIG Agent yang merupakan bagian dari Ekosistem Ralali.com.

“BIG Agent menawarkan solusi bagi pengembangan usaha pelaku bisnis secara holistic dan tepat sasaran. Kami memberikan edukasi, promosi dan penjualan kepada pelaku bisnis dengan memberdayakan bisnis dan sumber daya manusia,” pungkas Alvin.

Sebagai program andalan tahunan, HarBIGNas 2019 “BIM SA LA BIG” Ralali.com mengintegrasikan O2O, dengan puncak acara di 12.12 di beberapa penyebaran kota.

“Kami ingin semakin dekat dengan UMKM, mereka bisa belanja grosir murah dengan kualitas barang bermutu, 12.12 nanti akan ada pesta UMKM di beberapa kota. Tunggu tanggal mainnya.” tambah Carla.

Ralali.com tengah mempersiapkan kegiatan khusus offline 12.12 yang secara otomatis terhubung dengan Ekosistem Digital Ralali.com. Acara ini menjadi penutup dari rangkaian kampanye HarBIGNas 2019 Ralali.com. (win)

Tags
Close