ETALASEREHAT

Seperti Krisna di Bali, Jakarta Harus Punya Pusat Oleh-oleh Khas Betawi

Ketua Umum Bamus Betawi Zainudin menitipkan pesan kepada Wakil Gubernur terpilih Sandiaga Uno untuk membantu kemajuan UMKM Betawi paska lahirnya Perda Pelestarian Budaya Betawi di acara Halal Bihalal Bamus Betawi di Grand Cempaka Business Hotel, Minggu, 9/7/2017 . (dok Bamus)

Jakarta Review – Ketua Bamus Betawi Zainudin menaruh harapan besar terhadap pemerintahan Anies Baswedan-Sandiaga Uno di Jakarta nanti. Karena itu dirinya mengapresiasi kehadiran Wakil Gubernur terpilih Sandiaga Uno pada acara Halal Bihalal Bamus Betawi yang digelar di Grand Cempaka Business Hotel Jakarta, Minggu 9/7/2017 lalu.

“Ini sebuah tanda-tanda positif bahwa pimpinan Jakarta kedepan sangat peduli terhadap budaya Betawi paska lahirnya Perda Pelestarian Budaya Betawi,” kata Oding demikian Zainudin biasa disapa.

Oding berharap nantinya ada museum Betawi dan gedung kesenian khusus budaya Betawi. Dia juga berharap pengembangan Setu Babakan terus dilakukan.

Selain itu, Oding juga ingin Anies-Sandi bisa segera membantu perkembangan UMKM Betawi yang selama ini memproduksi ornamen dan ikon Budaya Betawi. Pasalnya dipastikan permintaan ornamen dan ikon budaya betawi akan meningkat paska lahirnya Perda Pelestarian Budaya Betawi.

“Saya ingin disaat permintaan itu meningkat, mereka (UMKM) betawi bisa mendapatkan akses permodalan dan pelatihan yang difasilitasi oleh perbankan dalam hal ini Bank DKI dan Dinas terkait sehingga kontinuitas dan kualitas produksi mereka bisa meningkat,” ujar Oding.

Oding menambahkan saat ini Bamus sedang gencar melakukan pendataan UMKM Betawi yang selama ini konsisten memproduksi ikon budaya betawi. Semuanya kita arahkan untuk membuat wadah seperti asosiasi yang kedepan bisa berfungsi sebagai wadah komunikasi antara mereka untuk saling membantu sama lain.

“Prosesnya sedang berjalan dan mudah-mudahan dalam waktu dekat sudah selesai,” cetusnya.

Oding yakin kalau semuanya berjalan lancar, dalam waktu dekat, Jakarta akan memiliki pusat souvenir oleh-oleh khas Betawi seperti Krisna yang ada di Bali.

“Saya bermimpi Jakarta punya pusat jajanan oleh-oleh khas Betawi seperti Pusat Jajanan Oleh-oleh Krisna yang ada di Bali. Sehingga wisatawan yang datang ke Jakarta bisa datang kesana untuk membeli oleh-oleh khas Betawi,”pungkasnya. (win)

Tags

Artikel Terkait

Close