SEREMONI

BPJAMSOSTEK Terus Dukung Percepatan Herd Immunity Bagi Serikat Buruh DKI Jakarta dan Keluarga

BPJAMSOSTEK melalui perwakilan Kantor Cabang se-Jakarta Timur menggelar kegiatan vaksinasi di Gedung Gelanggang Remaja Pulo Gadung, Jakarta Timur. Kegiatan ini mulai dilaksanakan pada hari Jumat (27/8) dan berlangsung selama 3 hari hingga Minggu (29/8). (dok: Istimewa)

Jakarta Review, Jakarta – Komitmen BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) dalam menggalakkan gerakan vaksinasi bisa dibilang tidak main-main. Sepanjang bulan Agustus ini, setiap minggunya BPJAMSOSTEK selalu menggelar kegiatan vaksinasi bagi masyarakat umum, pekerja dan keluarganya. Kali ini, BPJAMSOSTEK melalui perwakilan Kantor Cabang se-Jakarta Timur menggelar kegiatan vaksinasi di Gedung Gelanggang Remaja Pulo Gadung, Jakarta Timur. Kegiatan ini mulai dilaksanakan pada hari Jumat (27/8) dan berlangsung selama 3 hari hingga Minggu (29/8).

Kantor Cabang se-Jakarta Timur ini terdiri dari tiga Kantor Cabang BPJAMSOSTEK, antara lain Kantor Cabang Jakarta Rawamangun, Kantor Cabang Jakarta Pulo Gebang, dan Kantor Cabang Jakarta Ceger.

Untuk kegiatan vaksinasi kali ini, BPJAMSOSTEK menyediakan sebanyak 3000 dosis vaksin untuk dua tahap vaksinasi dengan jenis vaksin Astrazeneca. Kegiatan pemberian vaksinasi ini dimulai pada pukul 8 pagi hingga 3 sore dan diperuntukkan bagi para anggota Serikat Pekerja atau Serikat Buruh dan anggota keluarganya di DKI Jakarta. Namun kegiatan vaksinasi ini tidak tertutup bagi masyarakat umum yang ingin mendapatkan vaksin, tujuannya adalah satu yaitu mencapai kekebalan komunal atau Herd Immunity sesuai tujuan pemerintah dalam program pengentasan Covid-19.

Hingga saat ini, terhitung sebanyak 12 kali sudah BPJAMSOSTEK melakukan kegiatan serupa yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Total vaksin yang disalurkan hingga saat ini adalah sebanyak 63 ribu dosis, dan akan bertambah lagi pada pekan depan menyusul pelaksanaan kegiatan vaksinasi di beberapa daerah lainnya.

Direktur Umum dan SDM BPJAMSOSTEK Abdur Rahman Irsyadi, mengatakan BPJAMSOSTEK merupakan mitra pekerja dan pengusaha, sudah sewajarnya mendukung pemberian vaksinasi kepada para pekerja. Dirinya mengatakan, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan pihak terkait dalam melakukan kegiatan vaksinasi, selain untuk mendukung program pemerintah, juga agar para pekerja dapat segera mencapai kekebalan komunal agar dapat berkarya dan kembali produktif.

Vaksinasi merupakan hal yang sangat penting bagi pekerja untuk mendapatkan perlindungan diri terhadap kemungkinan terpapar oleh Covid-19, tapi bukan berarti tidak bisa terpapar. Setidaknya jika sudah divaksinasi pekerja sudah memiliki imunitas yang dapat membantu meringankan gejala yang diderita, atau bahkan tanpa memiliki gejala sama sekali, serta meminimalisir potensi terjadinya kejadian yang fatal.

Dirinya kembali menegaskan bahwa kegiatan vaksinasi Bersama BPJAMSOSTEK ini tidak secara khusus dilaksanakan untuk pekerja saja, tapi juga terbuka untuk umum.

“Sudah menjadi komitmen bagi kami untuk terus mendukung program pemerintah dan memenuhi ekspektasi pemangku kepentingan dalam program pengentasan Covid-19 ini,” tukasnya.

“Kami berharap kegiatan vaksinasi hari ini dapat membantu memberikan kontribusi positif terhadap tujuan utamanya yang berujung pada peningkatan produktivitas dan pembangunan ekonomi nasional secara menyeluruh,” pungkasnya.

Pada kesempatan tersebut Deputi Direktur BPJAMSOSTEK Wilayah DKI Jakarta Eko Nugriyanto yang turut serta meninjau lokasi mendampingi Direktur Umum dan SDM, menyampaikan bahwasanya kegiatan vaksinasi bersama BPJAMSOSTEK ini merupakan salah satu manfaat tambahan yang diperoleh bagi para peserta BPJS Ketenagakerjaan selain manfaat program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian(JKM), Jaminan Hri Tua(JHT), Jaminan Pensiun(JP) dan Jaminan Kehilangan Pekerjaan(JKP).

“Kita harapkan melalui kegiatan vaksinasi bersama BPJAMSOSTEK ini, dapat membantu para pekerja peserta BPJS Ketenagakerjaan dan masyarakat umum yang belum mendapatkan vaksin, khususnya bagi masyarakat umum yang berdomisili disekitar wilayah Jakarta Timur”, tutur Eko.

Related Articles

Back to top button