SEREMONI

Jadikan Bumi Semakin Nyaman Ditinggali, Asuransi Astra Gelar  Estafet Peduli Bumi 

Compliance and Risk Management Director Asuransi Astra, Adi Sepiarso memberikan pelatihan manajemen keuangan pribadi kepada guru dan siswa SMKN 1 Medan sebagai upaya untuk meningkatkan literasi dan edukasi keuangan di lingkungan sekolah. (dok: Humas Asuransi Astra)

Jakarta Review, Medan; Merawat Bumi sudah sejatinya menjadi tanggung jawab kita bersama. Kondisi Bumi, baik dari sisi lingkungan maupun sosial yang sedang tidak baik-baik saja membuat seluruh warga dunia mengambil inisiatif masing-masing baik secara individu maupun kelompok untuk berkontribusi, membuat perubahan dan perbaikan agar Bumi semakin nyaman untuk ditinggali. Tak terkecuali Asuransi Astra, perusahaan dengan visi bring peace of mind to millions dan misi keempat yaitu menjadi warga usaha yang melaksanakan tanggung jawab sosial dan mengelola lingkungan hidup secara berkesinambungan; turut berupaya merawat Bumi dalam segala sisi aspek kehidupannya dengan mewujudkan serangkaian aspirasi berkelanjutan yang dirangkum dalam kegiatan Estafet Peduli Bumi. Rangkaian Estafet Peduli Bumi dimulai pada hari ini (22/9).

Sumatera Utara, tepatnya Kota Medan dan Kabupaten Langkat menjadi sasaran awal perwujudan aspirasi berkelanjutan Asuransi Astra. Sadar akan pentingnya pendidikan vokasi sebagai salah satu upaya untuk membangun SDM Indonesia yang berdaya saing global, Asuransi Astra menyalurkan beasiswa kepada sejumlah murid berprestasi di SMKN 1 Medan dan menyerahkan bantuan komputer dan laptop untuk menunjang kegiatan operasional belajar mengajar. Tak lupa pada kesempatan ini, untuk mendukung program peningkatan literasi dan edukasi keuangan yang dicanangkan OJK, Asuransi Astra dalam hal ini diwakili oleh Compliance & Risk Management Director, Adi Sepiarso memberikan pelatihan manajemen keuangan pribadi kepada siswa dan guru di SMKN 1 Medan.

Di lokasi selanjutnya yaitu Kabupaten Langkat, Asuransi Astra memiliki aspirasi menurunkan prevalensi stunting dengan melakukan revitalisasi 6 posyandu di Desa Tanjung Ibus dan memberikan bantuan paket intervensi gizi kepada 100 balita stunting di kawasan tersebut. Menurut data Survei Status Gizi Indonesia, Kebupaten Langkat termasuk ke dalam 10 besar kabupaten/kota di Sumatera Utara prevalensi stunting tertinggi yaitu sebesar 31.5% dan menurut data Pemkab Langkat sendiri Desa Tanjung Ibus sendiri termasuk ke dalam 5 besar desa dengan tingkat prevalensi tinggi di Kabupaten Langkat.

“Kita tentu sepakat bahwa merawat Bumi bukan saja terkait lingkungan, namun juga segala aspek yang ada di dalamnya, khususnya yang menyangkut kesejahteraan manusia. Pada Kick Off Estafet Peduli Bumi di Sumatera Utara kali ini, kami memiliki aspirasi meningkatkan tingkat literasi keuangan di lingkungan sekolah dan secara khusus juga mendukung pendidikan vokasi dengan menyalurkan beasiswa kepada siswa berprestasi di SMKN 1 Medan. Kami juga memiliki aspirasi menurunkan prevalensi stunting di Kabupaten Langkat khususnya Desa Tanjung Ipus. Ke depannya, program-program yang sudah kami mulai ini akan terus kami pantau untuk melihat efektivitas pelaksanaannya dan melanjutkan komitmen ini ke daerah-daerah lainnya dengan kebutuhan serupa,” ujar Adi Sepiarso.

Pada kesempatan ini, Asuransi Astra bersama Pemkab Langkat juga melakukan penanaman 500 pohon buah produktif di lahan sekitar Kantor Kepala Desa Tanjung Ibus, Kecamatan Secanggang, Langkat. Ke depannya, pohon buah produktif seperti mangga, jambu, dan rambutan ini selain dapat menjadi sumber vitamin, juga dapat menjadi sumber penghasilan tambahan bagi warga.

“Peran semua pihak dibutuhkan sangat dibutuhkan dalam upaya membangkitkan kesejahteraan masyarakat. Terutama seperti yang kita ketahui bersama bahwa salah satu penyebab stunting adalah keterbatasan ekonomi yang dimiliki oleh beberapa keluarga yang hidup dalam kondisi pra sejahtera. Serangkaian bantuan yang diberikan ini, baik revitalisasi Posyandu, paket intervensi gizi, serta bibit pohon buah produktif tentunya sangat bermanfaat bagi masyarakat kami khususnya yang bertempat tinggal di sekitar Desa Tanjung Ibus,” ujar H. Syah Afandin, SH; Plt. Bupati Langkat.

Estafet Peduli Bumi adalah rangkaian kegiatan perwujudan aspirasi berkelanjutan Asuransi Astra. Tak hanya penurunan stunting dan pendidikan vokasi, kami juga memiliki aspirasi lainnya yang akan kami wujudkan di lokasi-lokasi selanjutnya untuk membantu tercapainya tujuan pembangunan berkelanjutan dan tentunya untuk membuat peace of mind sebagaimana visi kami selama ini dapat dirasakan secara nyata oleh masyarakat sekitar.

Related Articles

Back to top button