SEREMONI

Perhatikan Jumlah Muatan demi Perjalanan Tetap Peace of Mind

Bagi pemilik polis asuransi Garda Oto, Anda dapat dengan mudah melakukan klik tombol darurat di aplikasi myGarda atau menelepon Garda Akses 1 500 112 saat keadaan darurat terjadi. Garda Oto, produk dari Asuransi Astra akan memberikan proteksi terbaik bagi kendaraan Anda. Kini, Anda juga dapat membeli dan melakukan perpanjangan polis asuransi hingga klaim dan perluasan jaminan dengan mudah, secara online melalui aplikasi myGarda. Segera tingkatkan proteksi kendaraan Anda dengan Garda Oto, dan nikmati promo cicilan kartu kredit 0% periode 1-31 Oktober 2023 berlaku untuk semua produk Garda Oto baik Comprehensive Premium Package, Comprehensive, Comprehensive Lite Package, dan Total Loss Only melalui website gardaoto.com. Infomasi selengkapnya kunjungi bit.ly/promogardaoto. (dok: Asuransi Astra)

Jakarta Review, Jakarta – Kendaraan roda empat menjadi pilihan banyak masyarakat guna memudahkan seseorang dalam bepergian ke suatu tempat dengan nyaman dan terlindungi dari cuaca yang tidak bersahabat seperti hujan atau panas terik matahari. Tidak jarang pula mobil digunakan untuk menempuh perjalanan jarak jauh seperti mudik dan berlibur bersama keluarga. Pada kasus ini seringkali kita temukan beberapa orang membawa banyak barang bawaan di dalam mobil dan memaksakan kapasitas mobil saat menempuh perjalanan jauh. Padahal barang bawaan yang jumlahnya terlalu banyak dapat mengganggu performa mobil yang dikendarai dan kemudian membahayakan perjalanan.

Faktanya, kendaraan yang memuat barang atau penumpang dengan berat melebihi kapasitas maksimum atau overload yang ditetapkan oleh produsen kendaraan, dapat memicu bahaya dan masalah serius pada kendaraan. Daya angkut maksimal kendaraan dapat dilihat melalui informasi yang tertera pada masing-masing buku panduan/manual book. Dalam kondisi seperti ini, ternyata ada bahaya yang mengintai. Hal ini bukan hanya saja akan mengurangi keamanan dan kenyamanan pengendara dan penumpang namun juga dapat membahayakan pengguna jalan lainnya. Berkaca dari beberapa peristiwa kecelakaan lalu lintas, berikut ini merupakan akibat bila Anda menyetir mobil dengan kapasitas berlebih.

Kerusakan pada sistem transmisi

Seperti yang kita ketahui, sistem transmisi berfungsi untuk menyalurkan tenaga dari mesin menuju roda mobil sehingga mobil dapat berjalan. Kelebihan muatan dapat memberikan tekanan berlebih pada sistem transmisi manual/otomatis dan kopling sehingga kendaraan dapat mengalami keausan yang lebih cepat pada komponen dan mengurangi umur pakai kendaraan.

Gangguan keseimbangan dan handling

Kelebihan muatan dapat mengganggu keseimbangan kendaraan dan pengendalian yang aman. Ketika kendaraan melebihi beban yang direkomendasikan, berat yang tidak merata dapat memengaruhi stabilitas kendaraan dan mengurangi kemampuan pengemudi untuk mengendalikan mobil dengan baik. Karena beban yang telah ditentukan oleh pabrikan merupakan beban yang sudah diperhitungkan agar tidak mengganggu keadaan mobil.

Memperburuk kinerja sistem pengereman

Ketika kendaraan membawa beban terlalu berat, jarak pengereman bisa menjadi lebih panjang akibat berat dari beban yang melebihi kapasitas seharusnya dan memengaruhi kemampuan sistem pengereman untuk menghentikan kendaraan secara efektif.

Risiko kecelakaan yang meningkat

Saat melebihi kapasitas maksimum yang ditetapkan, stabilitas dan manuverabilitas kendaraan akan terganggu sehingga dapat menyebabkan hilangnya kendali, kesulitan dalam mempertahankan lajur, atau bahkan terguling. Risiko kecelakaan juga meningkat karena jarak pengereman yang lebih lama dan respons pengemudi yang terhambat. Selain itu, beban berlebihan juga akan memengaruhi umur pakai ban yang merupakan tumpuan kendaraan sehingga dapat menyebabkan risiko kegagalan ban saat berkendara seperti meledak.

Mengurangi daya tahan serta kinerja kendaraan secara menyeluruh

Kelebihan muatan dapat membebani struktur kendaraan seperti sasis, suspensi, dan komponen lainnya. Hal ini dapat menyebabkan keausan berlebihan pada komponen tersebut sehingga mengurangi daya tahan, serta kinerja kendaraan secara keseluruhan. Sebabnya, Anda tidak akan dapat mengendarai mobil tersebut dengan rasa nyaman dan aman.

“Perjalanan jarak jauh biasanya ditempuh saat momen-momen liburan bersama dengan keluarga tercinta. Tentunya, kita tidak ingin perjalanan diisi dengan kenangan yang tidak baik atau bahkan malapetaka. Sehingga alangkah baiknya memastikan bahwa barang dibawa tidak melebihi kapasitas seperti membawa hal-hal yang sekiranya memang diperlukan atau melakukan pembagian barang ke dalam dua mobil jika memungkinkan. Untuk memudahkan, juga dapat mengirimkan beberapa barang yang sekiranya terlalu berat melalui layanan ekspedisi. Bahkan sebelum menempuh perjalanan jarak jauh, dianjurkan untuk melakukan pengecekan kendaraan dan memastikan kendaraan dalam kondisi prima,” Ujar Head of PR, Marcomm, & Event Asuransi Astra, L. Iwan Pranoto.

Iwan juga menambahkan bahwa klaim akibat kelebihan muatan tidak dapat ditanggung asuransi. Di mana untuk mendukung pernyataan Iwan, sesuai dengan Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia (PSAKBI), pasal 3 ayat 1.4 yang berisikan pertanggungan tidak menjamin kerugian, kerusakan, biaya atas Kendaraan Bermotor dan/atau tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga, yang disebabkan oleh kelebihan muatan dari kapasitas kendaraan yang telah ditetapkan oleh pabrikan jika hal tersebut tidak diatur oleh pihak yang berwenang. Maka dari itu, marilah perhatikan bersama jumlah muatan di dalam mobil kita agar perjalanan yang kita lakukan dapat selalu aman dan nyaman tidak hanya bagi diri sendiri, namun juga pengguna jalan lainnya hingga sampai tujuan.

Bagi pemilik polis asuransi Garda Oto, Anda dapat dengan mudah melakukan klik tombol darurat di aplikasi myGarda atau menelepon Garda Akses 1 500 112 saat keadaan darurat terjadi. Garda Oto, produk dari Asuransi Astra akan memberikan proteksi terbaik bagi kendaraan Anda. Kini, Anda juga dapat membeli dan melakukan perpanjangan polis asuransi hingga klaim dan perluasan jaminan dengan mudah, secara online melalui aplikasi myGarda. Segera tingkatkan proteksi kendaraan Anda dengan Garda Oto, dan nikmati promo cicilan kartu kredit 0% periode 1-31 Oktober 2023 berlaku untuk semua produk Garda Oto baik Comprehensive Premium Package, Comprehensive, Comprehensive Lite Package, dan Total Loss Only melalui website gardaoto.com. Infomasi selengkapnya kunjungi bit.ly/promogardaoto.

Related Articles

Back to top button