SEREMONI

PPI Gelar Random Sampling Test Covid-189 Untuk Pegawai Usai Libur Hari Raya Idul Fitri 1442 H

Sebagai salah satu upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di lingkungan perusahaan usai libur lebaran 2021, Tim Task Force Covid-19 PT PPI (Persero) melakukan random sampling test Covid-19 kepada beberapa karyawan kantor pusat PT PPI (Persero) pada Senin, 17 Mei 2021. (dok: Istimewa)

Jakarta Review, Jakarta – Sebagai salah satu upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di lingkungan perusahaan usai libur lebaran 2021, Tim Task Force Covid-19 PT PPI (Persero) melakukan random sampling test Covid-19 kepada beberapa karyawan kantor pusat PT PPI (Persero) pada Senin, 17 Mei 2021. Lebih dari 50% karyawan yang hadir pada hari itu menjadi partisipan dalam random sampling test ini.

Random sampling test ini dilakukan dengan metode Saliva Rapid Test Antigen. Metode tes  ini dipilih karena dapat dilakukan secara mandiri dan hasilnya dapat diketahui dengan cepat. Tes menggunakan sample materi yang diperoleh dari saliva atau air liur. Tes saliva dapat mendeteksi materi genetik virus dalam sampel air liur dengan kecepatan yang sama seperti metode swab yang mengumpulkan materi melalui mulut atau hidung.

Sekretaris Perusahaan PT PPI (Persero) Syailendra dalam keterangan resminya (19/1), mengatakan semua partisipan diminta untuk mengumpulkan air liur sendiri menggunakan media yang telah dipersiapkan. Partisipan hanya perlu mengeluarkan air liur dari dalam tenggorokan dan meludah ke dalam botol spesimen untuk tes. Hal ini dapat meminimalisir potensi pertugas tertular virus saat pengambilan sample. Dari sejumlah sample yang diperiksa, tidak ditemukan sample yang menunjukan hasil reaktif.

Menurutnya berdasarkan pengalaman sebelumnya, pelaksanaan libur panjang di tahun 2020 memang mengakibatkan kenaikan kasus Covid-19 di Indonesia. Kasus penularan Covid-19 diprediksi memiliki tren meningkat usai libur panjang Lebaran 2021. Memperhatikan peningkatan signifikan penyebaran COVID-19 di Indonesia khususnya di wilayah zona merah, PT PPI telah menyiapkan beberapa langkah antisipasi.

Selain melakukan random sampling test, lanjut Syailendar, manajemen PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) terus melakukan monitoring dan telah memberikan himbauan kepada seluruh karyawan agar tidak melakukan kegiatan berpergian ke luar daerah ataupun kegiatan mudik dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah ataupun kegiatan mudik lainnya.

Seluruh karyawan PT PPI (Persero) diwajibkan untuk melaporkan aktivitas selama libur Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah pada platform absen yang disediakan untuk memastikan seluruh karyawan tidak melakukan kegiatan berpergian ke luar daerah. Karyawan juga wajib melaporkan kondisi kesehatannya guna mempermudah pemantauan kesehatan karyawan. Meskipun tidak ditemukan sample test yang menunjukkan hasil reaktif, manajemen terus menghimbau seluruh karyawan/ti agar tetap ketat menjalankan protokol kesehatan serta mengurangi mobilitas.

“Semoga usai libur panjang lebaran 2021 ini kita semua tetap dalam keadaan sehat dan selamat, jangan sampai momen lebaran ini menjadi kluster baru kasus Covid-19. PPI sebagai BUMN akan turut serta mendukung upaya pemerintah dalam penanggulangan Covid-19. Kami masih memperketat pengaturan kehadiran karyawan di kantor dengan pembagian jadwal karyawan yang bekerja di kantor maupun yang bekerja dari rumah sebesar 50%” jelas Syailendra, Sekretaris Perusahaan PT PPI (Persero) di Jakarta. 

Related Articles

Back to top button