SEREMONI

Wapres dan Ketua OJK Resmikan Bank Wakaf Mikro Astra

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso (ketiga dari kiri) foto bersama dengan Riza Deliansyah selaku Deputy Chief of Corporate Affairs Astra International (kedua dari kiri), Chief Executive Officer Asuransi Astra Rudy Chen (tengah), Adi Sepiarso Chief of Astra Financial (pertama dari kanan). (dok: Istimewa)

Jakarta Review, Jakarta – PT Astra International Tbk (Astra) bersama PT Asuransi Astra Buana (Asuransi Astra) yang merupakan satu dari sebelas Lembaga Jasa Keuangan yang tergabung dalam Astra Financial, meresmikan Bank Wakaf Mikro (BWM) Ahmad Taqiuddin Mansur (ATQIA) di Pondok Pesantren Al Manshuriyyah Ta’limusshibiyan di Lombok Tengah yang merupakan BWM Kedelapan Astra.

BWM adalah Lembaga Keuangan Mikro Syariah yang didirikan atas izin Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang bertujuan untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan dalam bentuk penyediaan akses permodalan dan pembiayaan bagi masyarakat kecil yang belum memiliki akses pada lembaga keuangan formal.

Peresmian ini dilakukan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Prof. Dr. K.H. Ma’ruf Amin, Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso dan Gubernur Nusa Tenggara Barat Dr. Zulkieflimansyah, S.E., M.Sc serta turut dihadiri oleh, Deputy Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah, Chief Executive Officer Asuransi Astra Rudy Chen dan Chief of Astra Financial Adi Sepiarso.

Dalam rangka mendukung program pemerintah melalui OJK untuk meningkatkan inklusi keuangan dan kesejahteraan masyarakat di sekitar Pondok Pesantren, Astra dan Astra Financial melalui Asuransi Astra berkomitmen untuk menjadi donatur BWM ATQIA yang merupakan BWM kedelapan yang diresmikan Grup Astra dari sepuluh BWM yang didukung penuh oleh Astra dan Astra Financial.

BWM ATQIA merupakan BMW ke-2 yang didukung oleh dana sosial syariah Asuransi Astra yang bekerja sama dengan Astra. Sedangkan BWM ke-1 Asuransi Astra dan Astra sebelumnya telah di resmikan di Pondok Pesantren As’Ad di Jambi pada 3 April 2019.

Rudy Chen menilai tujuan pendirian BWM selaras dengan visi perusahaan yaitu bring peace of mind to millions. “Memberikan peace of mind kepada jutaan pelanggan merupakan visi yang kami usung selama ini. Adapun pelanggan yang kami maksudkan di sini tidak hanya mereka yang menggunakan produk kami, namun juga masyarakat di sekitar kami. Semoga kontribusi yang kami berikan melalui BWM ATQIA dapat memberikan peace of mind bagi masyarakat Lombok,” ujar Rudy.

Riza Deliansyah mengatakan sejalan dengan cita-cita Astra, ”Sejahtera Bersama Bangsa”, Astra senantiasa berperan aktif untuk meningkatkan kualitas masyarakat Indonesia melalui produk dan layanan karya anak bangsa, sumber daya manusia yang unggul serta kontribusi sosial yang terstruktur dan berkelanjutan bagi Bangsa dan Negara.

“Melalui Semangat Astra Terpadu Untuk Indonesia (SATU Indonesia), Astra berkomitmen untuk melaksanakan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) yang telah dirintis sejak Astra berdiri dimana kegiatan CSR kami ditekankan pada bidang pendidikan, kesehatan, lingkungan, dan pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui program kewirausahaan termasuk BWM dan Program Kampung Berseri Astra menuju Desa Sejahtera Astra, “ujar Riza.

“Mudah-mudahan komitmen Astra Financial melalui Asuransi Astra kali ini dalam mendukung BWM bisa terlaksana dengan baik dan dapat mendorong perekonomian dan meningkatkan kesejahteraan daerah-daerah di Indonesia. Tujuan mulia BWM yang diinisiasi OJK ini sejalan dengan misi Astra Financial untuk menjadi mitra keuangan bagi kesejahteraan Indonesia. Selain melalui Asuransi Astra, Astra Financial melalui Astra Credit Companies (ACC) dan PT Federal International Finance (FIFGROUP) juga turut mendukung pendirian BWM sebagai donatur bersama Astra,” ungkap Adi Sepiarso.

ACC telah menjadi donatur BWM Minhajut Thullab di Banyuwangi dan BWM Al Hijrah Cindai Alus di Banjarmasin. FIFGROUP menjadi donatur BWM Roudlotut Tholibin di Rembang, BWM Sunan Gunung Djati Ba’alawy di Semarang, BWM Honai Sejahtera Papua di Jayapura dan BWM Al Anshor Peduli di Maluku.

Melalui program BWM, Astra dan Astra Financial akan terus bekerjasama dengan OJK untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan. Mulai dari pengenalan manfaat hingga risiko dalam memanfaatkan layanan-layanan Lembaga Jasa Keuangan untuk membawa perubahan positif pada cara pengelolaan keuangan di masyarakat untuk mewujudkan Indonesia yang sejahtera. (win)

Tags

Artikel Terkait

Close