DIDAKTIKAOLAHRAGA

Mahasiswi FEB UNTAR Raih Prestasi di PON XX Papua 

Trithalia Triarso sebagai mahasiswi Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tarumanagara (Untar) bersama rekan-rekannya sesama Atlet senam DKI Jakarta untuk menorehkan prestasi di kancah nasional. (dok: Istimewa)

Jakarta Review, Jakarta – Masa pandemi bukanlah penghalang bagi Trithalia Triarso sebagai mahasiswi Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tarumanagara (Untar) untuk menorehkan prestasi di kancah nasional.

Menjadi salah satu perwakilan Provinsi DKI Jakarta di PON XX Papua 2021 dalam cabang olahraga senam artistik, Senin (4/10) lalu, Trithalia berhasil membawa pulang Medali Emas Beregu Putri, Medali Perak dalam kategori Serba Bisa Putri, serta Medali Perunggu untuk kategori Balok Keseimbangan.

Mahasiswi Untar yang masih berusia 18 tahun ini menekuni olahraga senam artistik sejak usia 5 tahun. Berawal dari dukungan orang tua, kursus senam diikuti sebagai kegiatan olahraga. Tak disangka, hobby yang dijalani sejak kecil membuatnya berhasil meraih prestasi.

Di usianya yang masih belia, Trithalia telah beberapa kali mengikuti kejuaran nasional dan internasional, dari Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) Jawa Barat 2015, POPNAS Jawa Tengah 2017, Singapore Open Gymnastics 2017 & 2018, dan Kejurnas PraPON 2019.

Berbagai prestasi yang telah diraih tentu membutuhkan tekad dan konsistensi, terlebih saat harus berlatih secara rutin dan juga harus menjalankan aktivitas sebagai mahasiswa.

Terlepas dari kesibukannya sebagai atlet, Trithalia membagi waktu agar tetap aktif menjalani perkuliahan, “Saat ini jam latihan dari pagi hingga sore, maka perlu mengatur waktu agar tidak mengganggu jadwal kuliah. Para dosen juga mendukung kegiatan saya. Yang paling penting harus pintar membagi dan memaksimalkan waktu agar bisa tetap produktif. Usahakan untuk selalu menikmati setiap aktivitas yang dijalani sehingga tidak akan terasa berat,” ujar mahasiswi yang biasa akrab dipanggil Thalia.

Trithalia tidak hanya memiliki prestasi di bidang non-akademik, tetapi juga berprestasi di bidangakademik, terbukti dengan nilai indeks prestasi dalam kategori dengan pujian.

“Untar selalu memberi ruang dan dukungan bagi mahasiswa untuk meraih prestasi baik secara akademik maupun non-akademik,” jelas Kaprodi Sarjana Akuntansi, Elsa Imelda, S.E., Ak., M.Si.

Sebagai pimpinan tertinggi Untar, Rektor Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan, IPU, ASEAN Eng. Mengucapkan selamat dan bangga kepada Trithalia, “PON merupakan ajang bergengsi tingkat nasional dalam berbagai cabang olahraga. Keikutsertaan mahasiswa Untar sebagai atlet yang mewakili Provinsi DKI Jakarta merupakan suatu kebanggaan bagi Untar. Kami sangat mendukung dan mendorong mahasiswa serta dosen Untar untuk terlibat aktif dalam kegiatan nasional dan internasional di berbagai bidang pengembangan kompetensi, salah satunya bidang olahraga.”

Disampaikan pula bahwa hal ini sesuai dengan Indeks Kinerja Utama dan kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), mahasiswa diberikan kesempatan selama 3 semester melakukan kegiatan di luar kampus untuk meningkatkan kompetensi dan menimba pengetahuan yang diminatinya. Prestasi ini menunjukkan kegiatan MBKM di Untar telah berjalan dengan baik dengan memberikan banyak kesempatan bagi mahasiswa dan dosen.

“Seluruh prestasi yang diraih tentu membutuhkan usaha dan kerja keras serta dukungan dari semua pemangku kepentingan. Oleh karenanya, Untar senantiasa mendukung dan mengapresiasi mahasiswa untuk menghasilkan berbagai capaian yang bermanfaat bagi mahasiswa tersebut, almamater, bangsa dan negara,” pesan Rektor Untar.

Related Articles

Back to top button