BUMD

Luncurkan Produk Anyar di Perayaan HUT Jakarta ke 493, PT Food Station diganjar Rekor MURI

Penyerahan Piagam Rekor Muri kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (dok: istimewa)

Jakarta Review, Jakarta – PT Food Station Tjipinang Jaya meluncurkan produk sarden dan kornet bertepatan dengan perayaan HUT Jakarta yang ke-493 di Balai Kota DKI Jakarta, Senin, 22 Juni 2020.

Peluncuran dua produk anyar tersebut juga disertai dengan penganugerahan Rekor MURI (Museum Rekor Dunia Indonesia) kepada PT. Food Station Tjipinang Jaya yang diterima langsung oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan didampingi oleh Arief Prasetyo Adi (selaku Dirut PT Food Station) dan Wahyu Taqwa Dhie (selaku founder dan chairman Mitra Ikan Merah Putih dan Mitra Ternak Merah Putih) yang menjadi mitra PT Food Station dalam menyiapkan produk anyar ini.

“Sebagai BUMD Pangan milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, kami selalu berkomitmen untuk terus menjaga Ketahanan Pangan Jakarta. Terkait hal tersebut, sesuai harapan Gubernur, kami tak pernah berhenti melahirkan produk-produk pangan terbaru,” ujar Direktur Utama PT Food Station Tjipinang Jaya Arief Prasetyo Adi saat memberikan sambutan di acara peluncuran produk di Balai Kota.

Arief  menjelaskan kornet dan sarden milik PT Food Station dikerjakan dalam waktu 12 hari atau 9 hari kerja. Dalam kurun waktu tersebut, PT Food Station mampu menyelesaikan proses pengajuan, pembuatan desain produk, packaging, komposisi hingga kepengurusan izin merek dagang dari BPOM dan sertifikat halal dari MUI.

“Alhamdulilah semuanya bisa kita kerjakan dengan cepat. Tapi meskipun begitu kualitas dari produk sarden dan kornet ini kualitasnya sangat baik dan setara dengan national brand lainnya,” ungkap Arief.

Selain untuk persiapan bansos, dia berharap produk sarden dan kornet milik BUMD itu dapat dijual ke pasaran dengan harga yang terjangkau. Sehingga masyarakat dapat memenuhi kebutuhan protein dengan terjangkau.

“Kita memotong rantai distribusi dan kemudian marketing fee juga tidak ada. Itu artinya produk yang akan kita delivery akan bisa sampai ke masyarakat dengan harga yang baik, terlebih kita rencananya kita akan developed sebagai base kita yang lain, misalnya minyak, beras, gula dan lainnya, sehingga b to b bisnis akan tetap berjalan,” paparnya.

Dengan dua produk anyar tersebut, portofolio produk yang dimiliki oleh PT Food Station semakin bertambah dan variatif. Sebelumnya PT Food Station sudah memiliki produk beras, minyak goreng, gula pasir, tepung terigu, susu UHT, telur ayam, bawang putih dan ikan kembung beku.

“Ini sebuah anugerah kepada kami PT Food Station Tjipinang Jaya yang tahun ini memasuki usia ke-48 tahun. Sekaligus juga hadiah persembahan kami kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di saat Perayaan HUT Jakarta yang kini telah berusia ke493 tahun,” ungkap Arief.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam sambutannya mengatakan makanan kaleng seperti sarden dan kornet selama ini mampu menjawab kebutuhan masyarakat perkotaan yang membutuhkan makanan praktis dan ketahanan waktu di masa pandemi.

“Berada di wilayah perkotaan bagi masyarakat kebanyakan, kebutuhan protein harus dipasok dengan baik, di sisi lain protein itu harus dijaga dalam waktu yang lama. Dalam kenyataannya kita butuhkan protein lintas waktu seperti bantuan pangan untuk yang terdampak, diberikan dalam bentuk protein yang sudah di-pack,” ujar Anies dalam sambutannya.

Sementara Pendiri Museum Rekor Indonesia, Jaya Suprana mengatakan, produk kornet dan sarden dari Food Station bukan hanya sebagai produk yang paling cepat diluncurkan di Indonesia, namun juga di dunia.

“Rekor yang didapat PT Food Station ini kelasnya bukan hanya Indonesia, melainkan ini adalah produk sarden dan kornet yang peluncurannya tercepat di dunia. Tadi dijelaskan ini dikerjakan 12 hari, nantinya ini dijadikan cambuk untuk mempercepat lagi menjadi 7 atau 6 hari,” kata dia.

Gandeng Mitra Strategis

Sekedar informasi dalam proses persiapan produk sarden dan kornet ini, PT Food Station Tjipinang Jaya menjalin kerjasama dengan beberapa pihak. Untuk menyiapkan peluncuran dua produk baru ini, PT Food Station bekerjasama dengan Mitra Ikan Merah Putih dan Mitra Ternak Merah Putih

Wahyu Taqwa Dhie selaku founder dan chairman Mitra Ikan Merah Putih dan Mitra Ternak Merah Putih mengatakan melalui kerjasama ini, PT Food Station sekaligus ikut memberdayakan masyarakat nelayan dan peternak karena kegiatan Mitra Ikan Merah Putih melalui Koperasi Kelautan dan Perikanan Indonesia tersebut bisa dimasukan sebagai dukungan rantai pasok.

“Sinergi ini pada akhirnya akan memberikan nilai ekonomi tersendiri melalui pola kemitraan Kelompok Nelayan pada program Mitra Ikan Merah Putih, dan juga kemitraan Koloni Peternak pada program Mitra Ternak Merah Putih nantinya,”ujarnya.

Saat ini produk Sarden FS dan Kornet FS dengan torehan semangat Mitra Ikan Merah Putih sudah diluncurkan, diharapkan mendapatkan perhatian khusus konsumen.

“Saya optimis terhadap kehadiran produk Sarden FS dan Kornet FS ini dapat memenuhi harapan masyarakat mengingat kedua produk tersebut memerupakan salah satu merek dengan kualitas terbaik namun memiliki harga yang kompetitif,”tandasnya. (win)

Tags

Artikel Terkait

Close