EKONOMI

BUMN Klaster Pangan Perkuat Sinergi dengan Kementerian Pertanian

Pertemuan khusus dengan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Rabu, 23 Desember 2020, di Gedung A Kementerian Pertanian. (dok: Istimewa)

Jakarta Review, Jakarta – Dalam rangka memperkuat sinergi dengan Kementerian Pertanian, Jajaran Direksi PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) yang dipimpin oleh Direktur Utama Arief Prasetyo Adi menggelar pertemuan khusus dengan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Rabu, 23 Desember 2020, di Gedung A Kementerian Pertanian.

Direktur Utama PT Berdikari (Persero) Harry Warganegara dan Direktur Utama PT Pertani (Persero) Maryono hadir menemani Direktur Utama PT RNI (Persero) Arief Prasetyo Adi, sementara Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo juga tampak ditemani oleh beberapa pejabat teras di Kementerian Pertanian.

Dalam pertemuan tersebut dibahas beberapa hal penting, antara lain terkait neraca kebutuhan pangan nasional serta pengembangan program food estate. Termasuk juga meminta keterlibatan PT RNI sebagai Holding BUMN Klaster Pangan dalam program-program Badan Ketahanan Pangan Kementan.

“Melalui pertemuan ini, kami dari Holding BUMN Klaster Pangan sepakat untuk bersinergi membantu Kementerian Pertanian dalam upaya mewujudkan ketahanan pangan menuju kedaulatan pangan nasional,” ujar Arief Prasetyo Adi kepada Jakarta Review, Sabtu, 26 Desember 2020.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan, kordinasi lintas kementerian/lembaga sudah terjalin dengan baik. Namun demikian tuturnya, kementerian/lembaga harus memiliki peta sebaran pangan yang sama, sehingga daerah yang mengalami defisit ataupun surplus pangan akan terpantau.

Syahrul meyakini, jika semua pihak memiliki peta yang sama, kebijakan pangan bisa diputuskan dengan cepat dan tepat.

“Kelanggkaan ketersediaan pangan nantinya bisa teratasi,” ungkapnya.

Related Articles

Back to top button