MEGAPOLITAN

Terkait Rencana Kenaikan Pajak Parkir di DKI, Ini Usulan Aspeparindo

Ketua Umum Asosiasi Pengelola Parkir Indonesia (Aspeparindo) Irfan Januar bersama Dewan Pembina Aspeparindo Laksamana ((Pur) Tedjo Edhy Purdjiatno. (dok: Istimewa)

Jakarta Review, Jakarta – Rencana Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang berencana menaikkan pajak parkir hingga 30 persen ditanggapi beragam oleh berbagai pihak.

Ketua Umum Asosiasi Pengelola Parkir Indonesia (Aspeparindo) Irfan Januar mengatakan pihaknya tidak masalah dengan rencana kenaikan tersebut, namun demikian sebelum menerapkan kebijakan kenaikan tersebut, Pemprov DKI hendaknya juga menaikan tarif parkir. Pasalnya kalau tidak hal tersebut akan memberatkan pelaku usaha pengelola parkir.

“Kenaikan pajak baiknya di imbangi dengan kenaikan tarif parkir sehingga pengelola-pengelola parkir yang notabene pengusaha kecil bisa terjaga keberlangsungan usahanya,” ujar Irfan.

Selain itu, kenaikan tarif perlu pengkajian secara mendalam, misalnya kenaikan tarif dan pajak parkir disesuaikan dengan nilai jual objek pajak dimana lokasi lahan parkir berada.

“Kalau mau menyesuaikan tarif itu mungkin dilihat dari NJOP-nya, besaran tarif tergantung dari NJOP-nya,” ucap dia.

Dikatakan Irfan agar lebih efektif tarif parkir juga sebaiknya tidak bisa dipukul rata. Misalnya untuk daerah-daerah yang menimbulkan kemacetan tinggi bisa di ikuti juga dengan tarif parkir yang lebih tinggi sehingga mengurangi minat orang membawa kendaraan di lokasi tersebut. Sebaliknya untuk lokasi parkir di daerah penyanggah di pinggiran ibu kota tarif sebaiknya lebih rendah.

Irfan menambahkan, pada prinsipnya pelaku usaha atau pihak swasta siap mendukung segala program pemerintah. Namun demikian harus ada keterlibatan semua pihak agar tercipta payung hukum yang lebih jelas untuk mengatur perparkiran di DKI Jakarta.

“Kami (Aspeparindo) siap berkordinasi dengan Pemprov DKI dan DPRD untuk melahirkan regulasi yang baik yang dapat diterima semua pihak,” tandasnya. (win)

Tags

Artikel Terkait

Close